Optimisme Konsumen Zona Eropa Juli Merosot Tajam

366

Optimisme konsumen Uni Eropa jatuh tajam pada bulan Juli, Komisi Eropa mengatakan pada Rabu merilis indikator bulanan, dalam tanda baru dari lemahnya optimisme setelah referendum 23 Juni yang menghasilkan keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa.

Perkiraan Komisi Eropa menunjukkan optimsme konsumen zona eropa menurun sebesar 0,7 poin menjadi -7,9 di bulan Juli dari -7,2 direvisi naik pada bulan Juni. Sosok Juni sebelumnya diperkirakan -7,3.

euro-area-consumer-confidence (1)

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan penurunan sedikit lebih tinggi, memperkirakan optimisme konsumen jatuh ke -8,0 di bulan Juli.

Penurunan pada bulan Juli berikut sedikit menurun pada bulan Juni dan dua naik berturut-turut pada bulan April dan Mei.

Angka-angka untuk Uni Eropa secara keseluruhan menunjukkan penurunan jauh lebih buruk dari 1,8 poin ke -7,6, tingkat yang tidak terlihat dalam dua tahun. Indikator untuk blok secara keseluruhan sekarang di bawah indikator zona euro untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun.

Perkiraan dirilis oleh Komisi Eropa mengkonfirmasi pasca-Brexit optimsme di bawah tren sudah terlihat di Jerman pada Selasa, ketika lembaga ZEW berbasis di Mannheim mengatakan indeks sentimen ekonomi merosot ke -6,8 poin pada Juli dari 19,2 pada bulan Juni.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here