Pernyataan Kuroda Bangkitkan Yen Sesi Eropa 21 Juli

343

Setelah 5 hari perdagangan berturut yen mendapat tekanan jual yang cukup besar hingga mencapai posisi terburuk dalam 8 pekan terakhir, berbalik arah dan menguat melawan rival utamanya dollar AS. Sejak awal perdagangan sesi Asia (21/7) yen masih berkubang di zona merah, namun setelah BOJ memberikan khabar terbarunya berubah kuat.

Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda menyatakan kondisi Jepang terkini tidak memungkinkan dan dibutuhkan untuk melakukan “moner helicopter”, sekaligus memberikan sinyal bahwa dalam pertemuan pekan depan mereka tidak akan melakukan aksi mengubah kebijakan.

Perdagangan sebelumnya  yen tertekan oleh laporan media setempat bahwa pemerintah Jepang akan meluncurkan paket stimulus ekonomi senilai ¥ 20 triliun ($ 187 miliar), melebihi perkiraan sebelumnya yang hanya  ¥ 10 triliun.

Pergerakan kurs yen  di  sesi Eropa (10:20:35 GMT) menguat terhadap dollar AS,  USDJPY yang dibuka lebih tinggi pada  106.86 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT) turun 1,3% dan nilai pair bergulir berada pada 105,72.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam   berpotensi lemah, sehingga  analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY selanjutnya dapat turun  ke kisaran  105,49-105.01. Namun jika tidak sampai kisaran tersebut, maka pair dapat naik   kembali ke kisaran 107,80.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here