Rupiah Kamis Akhirnya Berhasil Ditinggikan

252

Mengakhiri perdagangan  pasar valas hari Kamis (20/7), rupiah yang dibuka melemah awal perdagangan berhasil ditutup kuat merespon tekanan yang dialami dollar AS terhadap banyak rival utamanya seperti yen, euro dan pound. Dan penguatan hari ini masih berada dalam kisaran tertinggi dalam 5 bulan.

Kekuatan  rupiah hari ini menambah dorongan investor asing perbanyak modalnya di bursa  saham sehingga  tercetak net buy asing   Rp495 miliar lebih.  Namun jelang akhir perdagangan profit taking lokal melebihi aksi beli  asing  sehingga IHSG anjlok 0,5%.

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi penguatan  0,10% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13099/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13122/US$. Namun untuk kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini  diperlemah.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  melemah  ke  13122  dari  posisi 13100 perdagangan hari Rabu (20/07), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat  ke posisi 13188 setelah perdagangan sebelumnya 13166.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari  diperkirakan  dibuka positif kembali oleh proyeksi tekanan terus berlanjut pada dollar AS menerima sentimen negatif dari rilis data ekonominya.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here