ECB Pertahankan Suku Bunga Tetap

257

Ada tidak ada kejutan dengan keputusan suku bunga ECB dengan ketiga suku bunga utama ditahan, seperti yang telah dengan suara luas diperkirakan oleh para analis pasar.

Tingkat refinancing utama (refi) diadakan di nol dengan suku bunga deposito pada -0,40% dan fasilitas pinjaman marjinal sebesar 0,25%. Ketiga tarif dipotong pada pertemuan Maret dengan suku bunga tidak berubah pada bulan April dan Juni.

ECB menegaskan bahwa program pembelian aset akan berlanjut sampai Maret 2017 atau di atasnya jika perlu sampai melihat penyesuaian berkelanjutan di jalur inflasi. Suku bunga akan tetap pada level saat ini atau lebih rendah untuk jangka waktu dan baik melewati batas pembelian aktiva bersih. Tidak menyebutkan dari setiap perubahan teknis untuk program pembelian obligasi dalam pernyataan itu.

Ada kebijakan pelonggaran lebih lanjut pada bulan Juni dengan dimulainya pembelian obligasi korporasi pada tanggal 8 Juni. The TLTROs baru juga diluncurkan bulan lalu dengan ECB masih memantau implementasi kebijakan untuk menilai potensi kebutuhan untuk stimulus tambahan.

Perkembangan inflasi juga akan pasti menjadi penting dalam menentukan langkah selanjutnya ECB dengan bank sentral menyajikan perkiraan inflasi diperbarui pada pertemuan bulan September.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here