Indeks Shanghai 22 Juli Berawal Negatif Tertekan Pelemahan Ekonomi

279
bursa shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Jumat (22/07), Indeks Shanghai bergerak lemah, saat ini terpantau turun -8,20 poin atau -0,27 persen pada 3030.81. Pelemahan Indeks Shanghai terpicu kekuatiran pelemahan ekonomi Tiongkok dengan sentimen pelemahan Yuan dan peningkatan kredit macet, sementara stimulus moneter belum dilakukan pemerintah Beijing.

Lihat : Bursa Shanghai 21 Juli Berakhir Positif Terdukung Bargain Hunting

Yuan Tiongkok telah diperdagangkan di sekitar level terendah lima tahun baru-baru ini karena kekhawatiran atas keadaan ekonomi telah memicu aliran modal. Investor juga telah menyatakan keprihatinan atas tingkat utang dibangun dalam perekonomian.

Tiongkok tertekan pelarian modal senilai hampir $ 700 miliar  pada tahun 2015, menurut Institute of International Finance. Lonjakan arus akhir tahun 2015 memicu kekhawatiran pasar bahwa cadangan devisa Tiongkok tidak cukup untuk menstabilkan mata uang dengan membeli yuan dalam jangka panjang.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai bergerak lemah dengan kekuatiran pelemahan ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2926-2813 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3143-3285.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here