Rupiah Akhir Pekan Stabil di Kisaran 13000, Secara Mingguan Retreat

315

Mengakhiri perdagangan  pasar valas akhir pekan (22/7), rupiah Jumat yang dibuka melemah pada awal perdagangan berhasil ditutup kuat dalam pergerakan konsolidasi sepanjang hari.  Rupiah akhirnya berhasil kuat ditengah penguatan dollar AS terhadap banyak rivalnya dan pekan ini gagal mencetak penguatan mingguan setelah 3 pekan berturut berhasil menguat.

Kekuatan  rupiah yang terbatas hari ini menjadi alasan bagi investor asing tarik banyak  modalnya dari  bursa  saham sehingga  tercetak net sell asing   Rp230 miliar lebih.  Akibat aksi asing ini IHSG yang sudah melemah perdagangan sebelumnya lanjut masuk zoan merah dengan penurunan  0,4%.

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi penguatan  0,05% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13095/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13090/US$. Demikian untuk kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini  diperkuat.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini menguat  ke  13102  dari  posisi 13122 perdagangan hari Kamis (21/07), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat  ke posisi 13168 setelah perdagangan sebelumnya 13188.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan awal pekan  diperkirakan  dibuka positif meski  tekanan terus berlanjut  dari  dollar AS hingga akhir perdagangan pekan ini.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here