Mencermati Sinyal “Wait and See” Draghi

342

Presiden ECB Mario Draghi, dalam konferensi pers setelah keputusan suku bunga tetap, menyatakan bahwa sistem keuangan telah melewati turbulensi Brexit dengan memperkuat ketahanan. Tidak ada petunjuk sekitar perubahan potensial pada pertemuan September nnati dan tidak ada menyebutkan kemungkinan re-assessment kebijakan.

Juga tidak ada petunjuk bahwa bank akan atau tidak akan menyesuaikan suku bunga lebih lanjut dan tidak ada komentar pada nilai tukar. Secara keseluruhan, sinyal ECB masih “wait and see”.

Tak ada gangguan yang signifikan di sektor keuangan atau perbankan dengan pekerjaan persiapan untuk meningkatkan jalur kredit dalam mencegah turbulensi.

Draghi optimistis seputar sektor perbankan dengan komentar bahwa lembaga sekarang jauh lebih kuat dari pada tahun 2009, meskipun masih ada masalah profitabilitas di sektor ini. Ada juga kebutuhan untuk mengatasi kredit macet di sektor keuangan.

Menurut Presiden bank sentral, ekonomi zona euro menghadapi beberapa tekanan dan risiko tetap miring ke sisi negatifnya. Jika diperlukan, Dewan akan bertindak dengan semua instrumen yang tersedia untuk mendorong tingkat inflasi yang lebih tinggi.

Pada program pelonggaran kuantitatif, Draghi berkomentar bahwa Dewan tidak memiliki informasi yang cukup untuk mengambil keputusan dalam hal mengubah program saat ini. Draghi juga secara khusus menyatakan bahwa tidak pernah ada diskusi tentang modal kunci. Draghi juga berkomentar bahwa tidak pernah ada diskusi tentang mengurangi pembelian obligasi.

Draghi juga menyerukan lagi politisi zona euro untuk mempercepat reformasi dan bahwa mereka harus meningkatkan proyek-proyek infrastruktur.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here