4 Saham Perbankan Yang Keuntungannya Dikuras Investor Asing

263

Perdagangan saham di bursa efek Indonesia awal pekan berakhir di teritori positif setelah 2 hari berturut terjebak di zona merah yang diperkuat hampir semua sektor kecuali sektor finance yang anjlok sendiri. Saham finance yang masih belum keluar dari zona merah oleh lanjutan tekanan jual asing ambil untung dirugikan oleh saham-saham perbankan yang pekan lalu berada di puncak tertingginya.

IHSG Senin (25/7) berakhir menguat 0,5% ke posisi 5220,80 dan sektor finance yang melemah sendiri anjlok 0,5% ke posisi 744 setelah perdagangan sebelumnya di posisi 746. Saham-saham perbankan perdagangan hari ini masih alami profit taking investor asing cukup besar khususnya saham-saham unggulan.

Saham-saham perbankan yang diporotin investor asing hari Senin yaitu saham BBCA, BMRI, BBRI dan BBNI, dan yang paling banyak dikuras adalah saham BBCA hingga net sell Rp274 miliar dan yang paling sedikit diantara 5 saham diatas yaitu saham BBNI yang hanya cetak net sell asing Rp94 niliar. Akibat tekanan jual asing yang cukup besar ini membuat saham anjlok.

Pekan lalu saham-saham perbankan ini berhasil meraih prestasi dengan naik tinggi ke posisi terkuat paling lama setahun yaitu saham BBCA dan BBRI, sedangkan saham BMRI dan BBNI hanya tertinggi dalam 4 sampai 5 bulan.

Saham BBCA anjlok 0,17% ke posisi 14500, saham BBRI anjlok 0,66% ke posisi 11350, saham BBNI anjlok 2,36% ke posisi 5175 sedang saham BMRI flat ke posisi 9925.

Lens Hu/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here