Bursa Istanbul Naik 2,8 Persen, Turki Umumkan Proyek Multi Dollar Pemerintah

199

Bursa-bursa saham Eropa naik karena kepercayaan bisnis di Jerman terbukti lebih tangguh dari prediksi ekonom di bulan setelah Inggris mengambil keputusan untuk meninggalkan Uni Eropa. Obligasi dan emas anjlok karena dolar menguat sebelum pertemuan bank sentral di AS dan Jepang pekan ini.

Indeks Eropa, Stoxx 600 naik 0,6 persen pada 10:14 di London, dengan volume perdagangan 45 persen kurang dari 30-hari rata-rata. Ryanair Holdings Plc naik 5,7 persen setelah mempertahankan perkiraan laba tahunannya. Ericsson AB naik 4,5 persen setelah CEO nya mengundurkan diri. Julius Baer Group Ltd naik 3,1 persen setelah ada tambahan dana segar.

S & P 500 Index di bursa berjangka AS naik kurang dari 0,1 persen. Yahoo! Inc naik di perdagangan premarket setelah beredar isu yang mengatakan bahwa Verizon Communications Inc akan mengumumkan rencana untuk membeli perusahaan ini dengan nilai sekitar $ 4.8 miliar pada hari Senin. Kimberly-Clark Corp, perusahaan raksasa yang memproduksi tisu dan Huggies, akan melaporkan laba kuartalan sebelum bursa AS dibuka.

The Borsa Istanbul 100 Index naik 2,8 persen setelah Perdana Menteri Turki Binali Yildirim mengatakan pemerintah berencana akan menempatkan proyek multi-miliar dolar, dana infrastruktur untuk menjaga pertumbuhan di trek. Indeks saham ini tenggelam 13 persen pekan lalu, terbesar sejak 2008, di tengah pembersihan dari mereka yang dituduh terlibat dalam usaha kudeta yang gagal tanggal 15 Juli lalu.

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here