Optimisme Bisnis Jerman Juli Turun Akibat Brexit

213

Optimisme bisnis Jerman turun pada bulan Juli, menunjukkan eksekutif perusahaan dalam negara dengan perekonomian terbesar di Eropa ini telah menjadi kurang optimis sejak Inggris meninggalkan Uni Eropa.

Lembaga ekonomi Ifo yang berbasis di Munich mengatakan pada Aenin (25/07), indeks iklim bisnis, berdasarkan survei bulanan sekitar 7.000 perusahaan, jatuh ke 108,3 pada Juli dari 108,7 pada bulan Juni. Itu lebih kuat dari konsensus reuters untuk pembacaan 107,5.

germany-business-confidence (3)

“Hal ini disebabkan ekspektasi bisnis jauh lebih optimis pada bagian dari perusahaan. Penilaian situasi bisnis saat ini, sebaliknya, sedikit meningkat. Perekonomian Jerman membuktikan tangguh,” kata Kepala Ifo Clemens Fuest.

Ada sedikit peningkatan indeks kondisi saat ini untuk 114,7 dari 114,5, sementara ada penurunan harapan untuk 102,2 dari 103,1 sebelumnya, meskipun ini juga lebih baik dari yang diharapkan. Indeks Juli tetap nyaman di atas terendah terlihat di awal 2016 dan tidak menyarankan dampak negatif langsung yang signifikan dari referendum, terutama karena kondisi saat ini membaik.

Industri Jerman masih sangat sensitif terhadap guncangan eksternal mengingat kontribusi yang sangat penting dari sektor ekspor. Menyusul kekhawatiran seputar ekonomi Tiongkok awal tahun 2016, perhatian beralih ke Brexit di tengah kekhawatiran dampak negatif yang signifikan, terutama dengan penguatan tajam Euro terhadap Sterling.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here