Tiongkok Akan Tingkatkan Investasi Publik Atasi Pelemahan Ekonomi

353

Tiongkok kemungkinan akan meningkatkan investasi publik untuk mengimbangi efek dari modal swasta yang lemah, karena ketidakpastian di tengah restrukturisasi ekonomi yang sedang berlangsung.

“Mengingat perlambatan, pemerintah harus mulai berinvestasi lebih, sebagian melalui dana konstruksi khusus, untuk merangsang investasi dan menstabilkan perekonomian,” Zhang Yong, wakil kepala Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional, perencana utama ekonomi Tiongkok, mengatakan selama konferensi pers pada hari Senin.

Investasi pemerintah akan terus fokus pada pembangunan infrastruktur dan proyek-proyek yang mempengaruhi kualitas hidup, katanya.

Pernyataan Zhang datang setelah pengusaha Tiongkok tampaknya masih enggan untuk berinvestasi selama kemerosotan ekonomi saat ini.

Investasi swasta meningkat hanya 2,8 persen pada semester pertama tahun ini, turun dari pertumbuhan persen 3,9 dalam lima bulan pertama dan 5,7 persen pada kuartal pertama, data resmi menunjukkan.

“Sebagai modal swasta terkonsentrasi di industri tradisional, perlu lebih banyak waktu bagi investor untuk menemukan titik terang baru dalam perekonomian selama transformasi ekonomi saat ini,” kata Zhang.

Sebagai tanggapan, Tiongkok telah menyalurkan lebih banyak energi ke perbaikan infrastruktur, dengan pertumbuhan investasi di sektor ini mempercepat untuk 20,9 persen pada semester pertama.

Selain itu, pemerintah akan menetapkan rencana investasi tiga tahun dan proyek cadangan untuk meningkatkan manajemen investasi publik, menurut sebuah dokumen sentral dirilis minggu lalu.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here