Akhir Bursa Shanghai 26 Juli Dikuatkan Kenaikan Yuan

350
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Selasa (26/07), indeks Shanghai berakhir naik 34,35 poin, atau 1,14 persen, ke 3050.18. Penguatan Indeks Shanghai terpicu penguatan mata uang Yuan.

Lihat : Indeks Shanghai 26 Juli Bergerak Positif Terbantu Penguatan Yuan

Bank Rakyat China pada Selasa menetapkan titik referensi yuan terhadap dolar AS di 6,6778, 82 basis poin atau 0,12 persen lebih kuat dari pada hari Senin. Pedagang diperbolehkan untuk berdagang hingga 2 persen kedua sisi titik referensi untuk harian.

Sore ini terpantau Yuan menguat terhadap dollar AS. Pasangan USDCNY melemah -0,06 persen pada 6.6758.

Penguatan indeks Shanghai akhir perdagangan Senin kemarin terpicu harapan adanya upaya peningkatan ekonomi oleh pemerintah Tiongkok.

Tiongkok kemungkinan akan meningkatkan investasi publik untuk mengimbangi efek dari modal swasta yang lemah, karena ketidakpastian di tengah restrukturisasi ekonomi yang sedang berlangsung.

“Mengingat perlambatan, pemerintah harus mulai berinvestasi lebih, sebagian melalui dana konstruksi khusus, untuk merangsang investasi dan menstabilkan perekonomian,” Zhang Yong, wakil kepala Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional, perencana utama ekonomi Tiongkok, mengatakan selama konferensi pers pada hari Senin.

Investasi pemerintah akan terus fokus pada pembangunan infrastruktur dan proyek-proyek yang mempengaruhi kualitas hidup, katanya.

Lihat : Tiongkok Akan Tingkatkan Investasi Publik Atasi Pelemahan Ekonomi

Saham Tiongkok ditutup naik pada Selasa, dikuatkan kenaikan saham-saham sektor keuangan dan industri.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak positif jika Yuan terus menguat, namun kekuatiran ekonomi Tiongkok masih membayangi dan harapan stimulus ekonomi dari pemerintah Tiongkok masih terus dinantikan. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2941-2836 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3173-3293


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here