Bursa Eropa Terganjal Kinerja Negatif Emiten

314

Pasar Saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada Selasa terganjal kinerja kurang menggembirakan dari emiten.

Indeks FTSE beradaa pada posisi 6.725,21, naik 15,08 poin atau 0,22%

Indeks DAX berada pada posisi 10.193,62, turun -4,62 poin atau -0,05%

Indeks CAC berada pada posisi 4.368,46, turun -19,54 poin atau -0,45%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.516,80, turun -58,90 poin atau -0,69% Eropa STOXX 600 turun sekitar 0,43 persen.

Musim laba terus dalam ayunan penuh pada hari Selasa. Di Perancis, pembuat ban Michelin melaporkan kenaikan 9 persen di semester pertama laba meskipun penurunan penjualan, dibantu oleh langkah-langkah pemotongan biaya, mengirimkan saham yang lebih tinggi. Dan pemasok bagian mobil Perancis Faurecia memimpin kenaikan di Eropa, naik lebih dari 5 persen setelah membukukan kenaikan 56 persen laba bersih semester pertama.

Perusahaan telekomunikasi Orange melihat saham jatuh, namun, meskipun menegaskan kembali proyeksi 2016 setahun penuh setelah melaporkan kenaikan tajam laba bersih, berkat penjualan 50 persen saham di EE untuk BT.

Minyak besar BP mengumumkan bahwa laba kuartal kedua adalah $ 720.000.000 pada biaya penggantian dasar yang mendasari, turun dari $ 1,3 miliar pada kuartal kedua 2015. BP juga mengatakan telah “menarik garis di bawah kewajiban bahan untuk Deepwater Horizon” yang memiliki biaya perusahaan $ 61600000000. Saham diperdagangkan lebih rendah, di tengah penurunan secara keseluruhan di sektor minyak dan gas, karena penurunan harga minyak dalam beberapa hari terakhir.

Sementara itu, manajer dana Man Group di wilayah negatif setelah mengatakan laba sebelum pajak setengah tahun turun 66 persen tahun-ke-tahun, sementara dana kelolaan turun 3 persen.

Pembuat plastik Jerman Covestro menaikkan prospek setahun penuh setelah mengatakan laba disesuaikan inti kuartal kedua naik 8,8 persen tahun-ke-tahun, mengirim saham naik tajam.

Dan regulator Inggris Ofcom mengusulkan bahwa Openreach, unit BT yang berjalan infrastruktur broadband U.K. ini, harus menjadi perusahaan terpisah dengan dewan sendiri tapi berhenti singkat mengatakan bahwa BT dan Openreach harus dipisahkan seluruhnya. Saingan BT ini telah menuduh operator dari mempersempit investasi di jaringan broadband U.K. dan menahan kompetisi. Investor mengambil berita positif dengan saham BT rally.

Di Italia, penyiar Mediaset mengatakan bahwa perusahaan media Prancis Vivendi telah mengusulkan kesepakatan pengambilalihan alternatif yang disepakati pada bulan April. Mediaset mengatakan Vivendi tidak lagi ingin membeli semua unit TV berbayar tersebut. Berita itu mengirim saham Mediaset jatuh lebih dari 13 persen.

Bank-bank sekali lagi fokus bagi investor. Saham Gemany Commerzbank menurun tajam setelah melaporkan kuartal kedua laba operasional jatuh dan penurunan penyangga modal.

Dan Banca Monte dei Paschi di Siena (BMPS) itu ke arah bagian bawah STOXX 600 menjelang stres Bank Sentral Eropa tes pekan ini. Meskipun tidak lulus-atau-gagal hasil, BMPS diharapkan menjadi salah satu pemain terburuk selama tes.

Menteri Keuangan Italia, Pier Carlo Padoan, bagaimanapun, mengatakan kepada CNBC sebelumnya minggu ini “tidak ada masalah perbankan” di negeri ini.

Pasar Eropa juga tetap mencermati untuk setiap berita dari Federal Reserve Komite Terbuka AS, sebagai lembaga yang melaksanakan pertemuan kebijakan moneter dua hari pada Selasa, hanya satu bulan setelah U.K. meninggalkan Uni Eropa.

Analis memperkirakan bank sentral untuk menjaga kebijakan moneter yang stabil pada pertemuan bulan ini, sementara beberapa percaya bank sentral akan menunda menaikkan suku bunga untuk beberapa bulan lagi.

Investor kemudian akan beralih fokus ke Bank of Japan (BOJ), yang akan menjadi tuan rumah pertemuan kebijakan moneter dua hari sendiri, dimulai pada hari Kamis.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati laporan laba emiten, pergerakan minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here