Financial Technology Mendukung Ekonomi Masyarakat dan Bangsa

616

Bidang keuangan atau finansial sangat penting untuk mendukung perekonomian suatu negara. Seiring perkembangan zaman dengan kemajuan teknologi, maka sektor atau bidang finansial juga terus beradaptasi dan mengikuti perkembangan teknologi.

Financial Technology atau FineTech merupakan inovasi dalam bidang jasa keuangan atau finansial. FinTech mengandung 2 unsur kata Financial dan Technology yang dapat disimpulkan menjadi inovasi dalam bidang finansial yang mengadopsi sentuhan teknologi modern.

Dengan berkembangnya teknologi tentu memberikan kemudahan bagi pengguna teknologi. Demikian juga bagi pengguna atau masyarakat yang mengakses bidang keuangan, maka dengan Financial Technology membuat masyarakat lebih mudah mengakses produk-produk di bidang keuangan, mempermudah dan mempercepat transaksi serta meningkatkan literasi keuangan.

Berbagai jenis produk FinTech dihasilkan dan berkembang. Dalam wawancara khusus Vibiznews dengan Vishal Tulsian, Director of Amar Bank, baru-baru ini, Vishal menyatakan ada 3 jenis atau bidang dalam FinTech ini yaitu Transaksi atau Pembayaran, Penyimpanan atau Deposit dan Peminjaman atau Pembiayaan.

Bagi Vishal, mencermati perkembangan dan kebutuhan masyarakat khususnys di Indonesia, maka focus FinTech yang perlu dilakukan adalah pada Peminjaman atau Pembiayaan untuk kebutuhan 10 juta atau dibawahnya.

Financial Technology juga sangat mendukung pengembangan usaha bisnis  kecil (small business) dan juga entrepreneurship, yang mungkin sulit untuk memperoleh pinjaman atau pembiayaan dari bank dalam jumlah yang sesuai dengan bidang usahanya.

Dengan banyaknya pengguna smartphone di Indonesia, maka menjadi strategi dan peluang besar untuk bisnis FinTech dapat berkembang di Indonesia.

Vishal juga menekankan dua hal penting yang dapat mendukung bisnis FinTech yang dapat menolong masyarakat dalam usaha dan kehidupannya terkait keuangan yaitu Speed & Convenience. Kecepatan dan Kenyamanan sangat penting disajikan dalam layanan FinTech ini.

Pada bagian yang penting juga dalam melakukan dan masuk dalam bisnis FinTech ini, maka Vishal menekankan 3 hal penting bagi masyarakat pengguna FinTech untuk diperhatikan sebelum menjalankan dan menggunakan layanan FinTech yaitu :

  1. Jasa layanan FinTech yang resmi dan bertanggung jawab, yang sudah memperoleh izin dan pengesahan badan/lembaga pemerintah
  2. Transparan, memiliki tujuan yang jelas, memiliki website yang resmi dan lainnya
  3. Tetap waspada dan jangan mudah percaya hal yang muluk-muluk

Dengan banyaknya perusahaan yang menawarkan layanan FinTech ini, maka dengan 3 hal yang perlu diperhatikan tersebut, diharapkan dapat memberikan pertimbangan bagi masyarakat sebelum terjun dan menggunakan layanan FinTech.

Kita harapkan layanan FinTech dapat mendukung usaha maupun kehidupan masyarakat, dan juga diharapkan sejalan dengan upaya pemerintah untuk mengembangkan digital economy, dimana pemerintah menggerakkan masyarakat untuk mengambil bagian dalam inklusi keuangan (financial inclusion).

 

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here