Bursa Eropa 27 Juli Bergerak Naik Menantikan Keputusan The Fed AS

263

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada perdagangan hari Rabu (27/07) menjelang keputusan kebijakan moneter terbaru dari Federal Reserve AS.

Pasar Eropa sedang menunggu keputusan terbaru dari Federal Open Market Committee yang dijadwalkan untuk menyimpulkan pertemuan dua hari dengan pernyataan kebijakan moneter pada 1400 ET. Pedagang tidak mengharapkan Fed untuk menaikkan suku bunga, tapi akan mencermati untuk indikasi pada waktu kenaikan berikutnya.

Indeks Stoxx Europe 600 diperdagangkan naik 0,3 persen pada Rabu dengan sebagian besar sektor di wilayah positif kecuali untuk utilitas, kesehatan, bahan kimia dan makanan dan minuman.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.748,23, naik 24.20 poin atau 0,36%

Indeks DAX berada pada posisi 10.337,12, naik 89,36 poin atau 0,87%

Indeks CAC berada pada posisi 4.463,36, naik 68,59 poin atau 1,56%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.672,40, naik 112,20 poin atau 1,31%

London, indeks FTSE diperdagangkan 0,3 persen lebih tinggi setelah awal kuartal kedua produk domestik bruto (PDB) untuk Inggris mengalahkan ekspektasi. Ekonomi U.K. tumbuh 0,6 persen kuartal-ke-kuartal, di atas kenaikan 0,4 persen yang diharapkan.

Laba juga dalam fokus bagi investor. Jerman Deutsche Bank melaporkan 98 persen laba bersih kuartal kedua turun dari periode yang sama tahun lalu, menjadi 20 juta euro ($ 22.000.000). Saham bank turun 4,4 persen pada Rabu.

Sementara itu, Bank Spanyol Santander melaporkan penurunan hampir 50 persen laba bersih kuartal kedua dari kuartal yang sama tahun lalu. Namun, saham bank naik 3,4 persen pada Rabu.

Raksasa energi Norwegia Statoil juga melaporkan penurunan laba dan memotong proyeksi belanja modal, mendorong harga saham turun 3 persen pada Rabu pagi.

Saham British Chip desainer ARM Holdings yang datar pada Rabu meskipun perusahaan, yang awal bulan ini setuju untuk dibeli oleh Jepang Softbank Grup sebesar $ 32 miliar melaporkan kenaikan 5 persen pada laba kuartal kedua pada hari Rabu, Reuters melaporkan.

Saham Taylor Wimpey naik 4,4 persen pada Rabu setelah homebuilder Inggris mengatakan bahwa keputusan U.K. untuk meninggalkan Uni Eropa tidak berdampak pada kinerja pendapatannya.

Indeks CAC Perancis naik 1,5 persen pada Rabu, didorong oleh rilis pendapatan dari LVMH, PSA Peugeot dan Airbus. Produsen mobil Peugeot melaporkan rekor keuntungan babak pertama, Rabu, Reuters melaporkan, dengan laba bersih lebih dari dua kali lipat menjadi 1,21 miliar euro dari 571 juta tahun sebelumnya. Harga sahamnya naik 7 persen pada Rabu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif dengan sentimen The Fed AS mempertahankan suku bunga, Namun juga akan mencermati laporan laba emiten, pergerakan minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here