Mantapnya Keuangan HMSP Sulit Lanjutkan Rally Sahamnya

239

Mengakhiri perdagangan saham hari Rabu (27/7), laju  saham PT. HM Sampoerna Tbk (HMSP) terhenti dan jatuh ke posisi perdagangan 2 hari sebelumnya oleh aksi profit taking investor asing cukup. Saham HMSP anjlok cukup signifikan setelah 2 hari berturut berhasil rally hingga naik ke puncak saham tertinggi sejak perdagangan April 2016 lalu.

Emiten yang sudah pecah saham menjadi 116.318,1 juta lembar dari 4.652,7 juta  pada bulan Juni lalu berhasil mendapat keuntungan  hingga Rp6,1 triliun atau meningkat 22,7% dari laba bersih periode yang sama tahun lalu. Meningkatnya kinerja keuangan perusahaan pembuat rokok ini disupport oleh meningkatnya  penjualan hingga  7,4% menjadi Rp21,5 triliun. Dan sepanjang 6 bulan pertama tahun ini HMSP tetap memimpin pangsa pasar rokok tanah air hingga  34,1%.

Untuk pergerakan sahamnya di lantai perdagangan bursa saham hari Rabu (27/7), saham HMSP  ditutup pada zona merah pada posisi 4010  setelah dibuka lemah pada 4050. Volume perdagangan saham  sepanjang hari  mencapai 299  ribu lot  saham dengan net sell asing mencapai Rp12,8 miliar.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham HMSP perdagangan sebelumnya bullish  dengan indikator MA  bergerak naik dan indikator Stochastic bergerak konsolidasi di  area jenuh beli.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar  dan +DI  bergerak turun  yang menunjukan pergerakan HMSP rawan koreksi. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi rekomendasi trading berikutnya  pada target level support di level  3960  hingga target resistance di level  4080.

H Bara/VMN/VB/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here