Peningkatan Inflasi Australia Kuartal Kedua Masih Dibawah Target RBA

289

Inflasi harga konsumen Australia (CPI) meningkat pada kuartal kedua namun tetap di bawah target resmi Reserve Bank of Australia, membuat pintu terbuka untuk penurunan suku bunga bulan depan.

Indeks harga konsumen naik 0,4% pada kuartal kedua, Reserve Bank of Australia mengatakan dalam laporan inflasi kuartalan pada hari Rabu (27/07)

australia-inflation-rate-mom (1)

Secara tahunan, tingkat CPI naik 1% setelah tahunan naik 1,3% pada kuartal pertama. Perkiraan median dari ekonom memperkirakan inflasi naik 0,4% kuartal-ke-kuartal dan 1,3% per tahun.

RBA Trimmed Mean CPI QoQ Q2 naik 0,5% pada kuartal menyusul kenaikan 0,2% pada periode Januari-Maret.

Inflasi turun 0,2% dalam tiga bulan pertama secara tahunan, yang memicu kekhawatiran tentang spiral deflasi yang memburuk yang akhirnya memaksa RBA untuk menurunkan suku bunga pada bulan Mei menjadi rekor baru terendah sepanjang masa.

Gubernur bank sentral akan mengadakan pertemuan kebijakan moneter berikutnya mereka pada 2 Agustus. Risalah pertemuan 5 Juli menyarankan bahwa anggota Dewan RBA akan melihat ke angka inflasi kuartalan untuk menentukan apakah akan menurunkan suku bunga lagi pada bulan Agustus.

Sebuah ukuran inflasi bulanan Australia yang dirilis awal bulan ini menunjukkan kenaikan tajam harga konsumen pada bulan Juni. Indikator inflasi TD Securities-Melbourne Institute naik 0,6% pada bulan Juni menyusul penurunan 0,2% pada bulan sebelumnya.

Tingkat inflasi resmi Australia telah menurun tajam selama dua tahun terakhir. Dalam hal tahunan, inflasi saat ini sekitar setengah dari dua tahun yang lalu. Deflasi merupakan tantangan yang unik untuk Australia, yang telah menikmati dekade pertumbuhan harga tinggi secara konsisten.

Penurunan biaya bahan bakar telah menjadi faktor utama dalam penurunan. Dengan harga minyak menuju kembali ke $ 40 per barel, inflasi lemah kemungkinan menjadi andalan bagi negara-negara industri maju di masa mendatang.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here