Pertumbuhan Ekonomi Inggris Raya Meningkat di Kuartal Kedua

458

Ekonomi Inggris meningkat dalam tiga bulan setelah keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa, data menunjukkan pada hari Rabu, dibantu oleh kemajuan terbesar dalam produksi industri sejak tahun 1999.

Pertumbuhan ekonomi kuartal kedua tumbuh 0,6 persen, naik dari 0,4 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini, Kantor Statistik Nasional mengatakan pada Rabu (27/07).

united-kingdom-gdp-growth (3)

Hasil dalam tiga bulan sampai Juni adalah 2,2 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya, pertumbuhan tahunan terkuat dalam setahun dan melebihi perkiraan untuk itu untuk terus stabil pada 2,0 persen.

united-kingdom-gdp-growth-annual (1)

Menkeu Philip Hammond mengatakan lagi setelah data bahwa pemerintah memiliki alat untuk mendukung perekonomian karena memasuki “masa penyesuaian” dengan siap untuk meninggalkan Uni Eropa.

“Seiring dengan Bank of England, pemerintah akan mengambil tindakan apapun yang diperlukan,” katanya.

Membaiknya pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua tercermin kuat dalam produksi industri, jasa dan konstruksi pada bulan April, yang sebagian besar lemah pada Mei dan Juni.

Hal ini berbeda dengan pandangan National Institute of Economic and Social Research bahwa pertumbuhan melambat menjelang akhir kuartal.

Sebuah survei bisnis yang dipantau cermat pekan lalu menunjukkan aktivitas perusahaan kontraksi bulan ini di laju tercepat sejak 2009, sekitar titik krisis keuangan global.

Sebuah jajak pendapat Reuters ekonom pekan lalu menyarankan itu lebih mungkin daripada tidak bahwa Inggris akan meluncur ke resesi di tahun mendatang.

Bank of England, yang memperkirakan pertumbuhan kuartal kedua akan datang pada sekitar 0,5 persen, sepertinya akan menurunkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak 2009 minggu depan, meskipun ekonom bervariasi tentang apakah akan menjalankan program pelonggaran kuantitatif.

ONS mengatakan kenaikan dalam pertumbuhan didorong bersama oleh produksi layanan dan industri, yang terakhir yang diperluas 2,1 persen pada kuartal – kinerja terbaik sejak 1999.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here