Regulator Perbankan Tiongkok Batasi Investasi Produk Wealth Management

381

Regulator perbankan Tiongkok sedang mempertimbangkan pengetatan pembatasan pada $ 3,6 triliun untuk Wealh Management Product (WMP), demikian 21st Century Business Herald melaporkan. Pihak berwenang mungkin menetapkan batas pada seberapa banyak WMP dapat diinvestasikan dalam ekuitas dan “non-standar aset” seperti pinjaman, kata laporan itu.

The China Banking Regulatory Commission (CBRC) bertemu dengan beberapa pemberi pinjaman bulan ini pada revisi aturan dan versi final yang belum disusun, demikian dinyatakan laporan 21st Century Business Herald.

Regulator Tiongkok telah mengisyaratkan untuk memperhatikan lebih dekat manajer dana dan broker yang menyalurkan tabungan rumah tangga masyarakat ke dalam investasi dari saham ke obligasi dan derivatif. CBRC bulan ini mengeluarkan pedoman membatasi penggunaan leverage oleh rencana manajemen aset terstruktur.

Li Chao, wakil ketua regulator, mengatakan pertemuan perusahaan di kota timur laut Harbin pekan lalu untuk lebih baik melakukan due deilgence karena pada calon klien ketika mengatur penawaran umum perdana, penjualan saham dan obligasi sekunder, orang yang akrab dengan masalah tersebut menyatakan.

Nilai outstanding dari WMP naik menjadi 23,5 triliun yuan ($ 3.5 triliun) atau 35 persen dari produk domestik bruto China, pada akhir 2015 dari 7,1 triliun yuan tiga tahun sebelumnya, menurut China Central Depository & Clearing Co.

“Pemerintah berpikir regulasi yang lebih ketat diperlukan karena investasi dari WMP mendorong bubble pasar saham tahun lalu dan kemudian berkontribusi terhadap kecelakaan itu,” kata Larry Hu, kepala ekonomi China Macquarie Securities Ltd di Hong Kong.

“Sulit untuk melihat dampak langsung pada pasar dari aturan itu,” kata Wei Hou, seorang analis berbasis di Hong Kong di Sanford C. Bernstein & Co “Jenis reaksi drastis agak berlebihan. Pasar mungkin telah memerlukan beberapa koreksi sebagai valuasi masih membentang jika Anda melihat fundamental. Ini bisa menjadi salah satu alasan untuk dana keluar dari pasar sekarang. “

“Pasar bereaksi terhadap berita tentang aturan pada produk wealth management,” kata Hao Hong, kepala strategi di BoCom International Holdings Co di Hong Kong. “Regulator perbankan berencana untuk membatasi penggunaan dana hasil produk tersebut. Langkah-langkah yang bertujuan untuk mengurangi risiko di bank. ”

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here