Bursa Shanghai 28 Juli Berakhir Naik Terdukung Keuntungan Perusahaan Industri

359
indeks shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Kamis (28/07), indeks Shanghai berakhir naik 2,98 poin, atau 0,10 persen, ke 2994.98. Penguatan Indeks Shanghai terdorong kenaikan saham-saham otomotif dan industri mengimbangi penurunan di sektor keuangan.

Lihat : Indeks Shanghai 28 Juli Bergerak Lemah Diterpa Sentimen Negatif

Sahamp-saham keuangan melemah setelah regulator perbankan Tiongkok sedang mempertimbangkan pengetatan pembatasan pada $ 3,6 triliun untuk Wealh Management Product (WMP), demikian 21st Century Business Herald melaporkan. Pihak berwenang mungkin menetapkan batas pada seberapa banyak WMP dapat diinvestasikan dalam ekuitas dan “non-standar aset” seperti pinjaman, kata laporan itu.

The China Banking Regulatory Commission (CBRC) bertemu dengan beberapa pemberi pinjaman bulan ini pada revisi aturan dan versi final yang belum disusun, demikian dinyatakan laporan 21st Century Business Herald.

Regulator Tiongkok telah mengisyaratkan untuk memperhatikan lebih dekat manajer dana dan broker yang menyalurkan tabungan rumah tangga masyarakat ke dalam investasi dari saham ke obligasi dan derivatif. CBRC bulan ini mengeluarkan pedoman membatasi penggunaan leverage oleh rencana manajemen aset terstruktur.

Lihat : Regulator Perbankan Tiongkok Batasi Investasi Produk Wealth Management

Namun kenaikan keuntungan perusahaan industri menaikkan saham-saham industri.

Keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan-perusahaan industri Tiongkok tumbuh pada laju tercepat mereka dalam tiga bulan pada bulan Juni, menunjukkan pengeluaran pemerintah mendukung sektor korporasi meskipun pertumbuhan yang tidak merata dan investasi lembah menimbulkan tekanan.

Keuntungan pada Juni naik 5,1 persen menjadi 616.31 miliar yuan ($ 92,40 miliar), demikian laporan National Bureau of Statistics (NBS) Tiongkok, Rabu (27/07), sebagai pertumbuhan tercepat sejak Maret.

Total keuntungan untuk semester pertama mencapai 3,0 triliun yuan, naik 6,2 persen dari periode yang sama tahun lalu dan dibandingkan dengan kenaikan 6,4 persen pada Januari-Mei periode.

Lihat : Keuntungan Perusahaan Industri Tiongkok Juni Naik Tertinggi 3 Bulan

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak negatif dengan kekuatiran ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2873-2783 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3090-3195.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here