Keuntungan AUTO Sedikit Terpangkas, Sahamnya Siap Koreksi

298

Pergerakan saham PT Astra Otopart Tbk (AUTO) yang bergerak bullish sejak akhir perdagangan bulan Januari lalu, terpantau melonjak dari perdagangan sebelumnya  di perdagangan sesi terakhir hari Rabu (24/02). Peningkatan harga saham hari ini mencoba naiki puncak tertinggi 4 bulan sejak perdagangan 6 November tahun 2015 meski perusahaan melaporkan kinerja keuangan yang kurang menggembirakan hari ini.

Laba bersih perusahaan anak usaha ASII ini, sepanjang semester 1 2016  mencapai laba bersih Rp152,18 miliar atau Rp32 per saham sedangkan di tahun 2015 berhasil mencapai Rp152,21 miliar atau Rp32 per saham. Buruknya kinerja tersebut disebabkan membengkaknya beban perusahaan meski pada tahun tersebut terjadi kenaikan pendapatan.

Pendapatan AUTO pada periode tersebut meningkat 12 persen lebih  menjadi Rp6,44 triliun sedangkan beban Pokok Pendapatan mengalami peningkatan dari Rp4,90 triliun menjadi Rp5,44 triliun dan beban usaha menjadi Rp686,33 miliar dari Rp663,31 miliar.

Untuk pergerakan sahamnya pada perdagangan hari Kamis (28/07), AUTO dibuka pada level 1920 setelah pada penutupan perdagangan sebelumnya berada pada level 1950  dan kini bergerak lemah   dengan volume perdagangan saham baru mencapai 433  lot saham. Untuk kinerja saham selama semester I lalu alami peningkatan nilai saham dari awal tahun.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal,  saham AUTO sebelumnya bergerak bullish dengan indikator MA bergerak naik   dengan indikator Stochastic   konsolidasi di area tengah. Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak naik  didukung oleh +DI yang juga mendaki dan  menunjukan pergerakan AUTO rawan koreksi. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi rekomendasi trading hari  ini pada target level support di level 1880  hingga target resistance di level 1920.

H Bara/VMN/VBN/  Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here