Keyakinan Bisnis Korea Selatan Diperkirakan Memburuk Bulan Agustus

301
Vibizmedia Photo

Kondisi bisnis sebagian besar perusahaan-perusahaan Korea Selatan diperkirakan lebih memburuk bulan depan karena permintaan lemah di dalam dan di luar negeri, sebuah survei menunjukkan Kamis (28/07).

Indeks survei bisnis datang pada 89,5 untuk Agustus, turun dari 90,5 untuk bulan ini, menurut Federasi Industri Korea (FKI).

Indeks bulanan didasarkan pada survei atas 600 perusahaan dalam hal penjualan. Angka di bawah 100 berarti pesimis melebihi jumlah yang optimis sementara membaca di atas patokan berarti sebaliknya.

Indeks untuk Agustus menandai bulan ketiga berturut-turut penurunan setelah indeks datang ke 102.3 untuk Mei, melanggar 100 tanda untuk pertama kalinya dalam delapan bulan.

“Kami terus melihat proyeksi negatif meskipun kurangnya faktor negatif yang jelas karena sentimen bisnis dan kinerja tetap belum sepenuhnya pulih,” kata FKI dalam siaran pers.

Ekspor Korea Selatan ini telah merosot setiap bulan sejak awal tahun 2015, sementara pengeluaran domestik, pilar utama lain pertumbuhan sini, telah berkembang pada rekor kecepatan rendah.

Mereka disurvei gagal untuk melihat peningkatan dalam waktu dekat.

Indeks yang mengukur sentimen perusahaan ‘terhadap ekspor datang ke 94,8 untuk Agustus, dengan indeks yang terpisah pada penjualan domestik juga jatuh jauh dari patokan di 93,4.

Sementara itu, FKI mengatakan indeks pada kinerja sebenarnya dari perusahaan lokal pada bulan Juli datang ke 89,7, sedikit di bawah perkiraan mereka sebelumnya 90,5 pada bulan tersebut.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here