BOJ Putuskan Membeli Lebih Banyak ETF, Yen Berada Di 103,62 Per Dolar

293

Yen menguat demikian juga dengan emas setelah Bank of Japan mengumumkan kebijakan moneter Jepang, sementara saham di Tokyo berfluktuasi. Minyak menuju penurunan bulanan terbesar dalam setahun.

Dalam salah satu pertemuan yang paling penting sebagai Gubernur BOJ, Haruhiko Kuroda menambah target bank sentral untuk pembelian exchange-traded fund (ETF) senilai 6 triliun yen ($ 58 miliar), sekaligus menjaga target untuk pembelian obligasi pemerintah dan kebijakan suku bunga tidak berubah. Yen menguat 2,2 persen terhadap dolar AS, indeks Topix berfluktuasi, sementara imbal hasil obligasi pemerintah Jepang naik. Emas naik 0,5 persen dan minyak tergelincir 0,2 persen.

Pasar yang bergejolak di menit menjelang pengumuman BOJ, dengan ayunan di Nikkei 225 Indeks saham berjangka dan yen melebihi 3 persen dan 1 persen, masing-masing.
Indeks Topix naik 0,3 persen menjadi 1,310.86 pada 13:09 di Tokyo setelah sebelumnya anjlok sebanyak 1,4 persen. Nikkei 225 Stock Average turun 0,3 persen. Yen melonjak 1,6 persen menjadi 103,62 per dolar.

BOJ memutuskan untuk menaikkan hampir dua kali lipat target untuk pembelian ETF yaitu sebesar 6 triliun yen ($ 58 miliar). Dalam perkembangan tak terduga, Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda telah memerintahkan penilaian terhadap efektivitas kebijakan bank sentral, yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya yang dijadwalkan di bulan September mendatang.

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here