Bursa Eropa Bergerak Naik Terbantu Kinerja Positif Saham Perbankan

310

Bursa Saham Eropa bergerak menguat pada perdagangan hari Jumat (29/07) terdorong kinerja positif saham perbankan menjelang stress test Bank Sentral Eropa.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.711,83, turun -9,23 poin atau -0,14%

Indeks DAX berada pada posisi 10.306,23, naik 31,30 pint atau 0,30%

Indeks CAC berada pada posisi 4.424,55, naik 3,97 poin atau 0,09%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.608,10, naik 128,90 poin atau 1,52%

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,4 persen, dengan reli di saham perbankan membantu menopang sentimen.

The U.K. FTSE 100 diseret 0,1 persen lebih rendah, dengan dua yang terdaftar di London saham-Pearson dan Essentra-duduk di bawah STOXX 600.

Di Eropa, investor mencermati hasil pendapatan pada hari Jumat. Bank-bank sekali lagi dalam fokus, seperti Barclays melaporkan penurunan 21 persen pada laba semester pertama sebelum pajak sebagai biaya membuang bisnis non-inti membebani laba. Laba kelompoksebelum pajak adalah £ 2,06 miliar ($ 2710000000), turun 21 persen dari periode yang sama tahun lalu. Namun saham Barclays rally lebih dari 8 persen.

Bank Swiss UBS mengalahkan ekspektasi Jumat dengan laba bersih kuartal kedua 1,03 miliar franc Swiss ($ 1050000000), lebih tinggi dari 680 juta franc Swiss diperkirakan oleh analis, mengirimkan saham naik tajam.

Saham Spanyol BBVA naik sekitar 4 persen setelah membukukan kenaikan 58 persen laba bersih kuartal kedua dari kuartal sebelumnya, mengalahkan estimasi analis, tapi itu lebih rendah dari tahun ke tahun. Rival pemberi pinjaman Caixabank mencatat kenaikan 34 persen pada laba kuartal demi kuartal, juga mengirimkan saham di atas 5 persen.

Dan pemberi pinjaman Spanyol lain Banco Popular mengumumkan bahwa mereka telah menggantikan kepala eksekutif Francisco Gomez, dan bernama Pedro Larena Landeta sebagai CEO baru. Bank juga melaporkan penurunan tajam laba kuartal-kuartal namun saham masih diperdagangkan lebih tinggi.

Di tempat lain, pemberi pinjaman Italia bermasalah Monte dei Paschi di Siena mengatakan pada Kamis bahwa mereka telah menerima proposal penyelamatan alternatif dari UBS yang sedang mempersiapkan diri untuk mengungkap rencana penyelamatan sendiri, menurut Reuters. UBS menolak untuk mengomentari laporan tersebut. Ini datang sebagai otoritas perbankan Eropa bisa diatur untuk mengungkap hasil dari stress test Uni Eropa-lebar. Saham BMPS yang naik tajam.

Sejumlah perusahaan lain juga melaporkan pendapatan pada Jumat: Baja raksasa ArcelorMittal membukukan laba inti dari $ 1770000000 pada kuartal kedua, mengalahkan perkiraan analis dan saham mengirim lebih dari 7 persen sampai.

Sementara itu, saham di perusahaan energi EDF rally lebih dari 8 persen setelah dewan menyetujui rencana untuk proyek nuklir Hinkley Point di U.K dan setelah perusahaan mengkonfirmasi target keuangan untuk 2016.

Juga di Perancis, pembuat mesin pesawat dan peralatan pertahanan Safran melaporkan kenaikan 11 persen dalam laba usaha pada semester pertama tahun ini, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Saham tenggelam lebih dari 4 persen.

Dalam ruang asuransi, Generali membukukan 10 persen tahun-ke-tahun penurunan laba bersih semester pertama tetapi ekspektasi pasar mengalahkan, mengirimkan saham lebih dari 8 persen ke atas.

Di antara laba kunci lainnya Pearson, yang melihat saham jatuh lebih dari 10 persen setelah menegaskan proyeksi 2016 dan melihat babak pertama mendasari penjualan jatuh 7 persen; dan Essentra, yang jatuh lebih dari 18 persen, setelah kelompok itu melaporkan seperangkat mengecewakan hasil keuangan.

Sementara itu penggerak besar dan pelopor di sesi Jumat datang sebagian besar dari korporat yang telah melaporkan pendapatan, investor juga bersiap-siap untuk berita dari Bank Sentral Eropa dan Otoritas Perbankan Eropa, yang diharapkan untuk merilis set terbaru hasil dari stres yang tes, karena keluar setelah dekat.

Tujuan utama dari “stress test” yang melihat bagaimana tangguh bank-bank di Eropa, terutama dengan hasil Brexit terbaru mengambil tekanan pemberi pinjaman benua Eropa. Lebih dari 50 bank mengharapkan hasil, dengan mayoritas diyakini memenuhi persetujuan.

Pada data ekonomi, produk domestik bruto (PDB) Zona Eropa naik 0,3 persen kuartal-ke-kuartal (dibandingkan dengan ekspansi 0,6 persen yang terlihat tahun 2016 kuartal pertama), sementara pengangguran tetap tidak berubah pada 10,1 persen pada bulan Juni. Inflasi pada bulan Juli juga sedikit meningkat, datang pada 0,2 persen tahun-ke-tahun, menurut Eurostat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati laporan laba emiten, pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here