Bursa Seoul 29 Juli Berakhir Lemah Setelah Keputusan BOJ; Mingguan Masih Positif

268
indeks kospi

Pada penutupan perdagangan bursa saham Korea Selatan Jumat (29/07), indeks Kospi berakhir turun –4,91 poin, atau -0,24 persen, di 2.016,19. Pelemahan indeks Kospi tertekan stimulu mengecewakan dari Bank of Japan.

Secara mingguan indeks Kospi naik 0,3 persen, sebagian besar terdukung hasil menggembirakan pertumbuhan ekonomi kuartal kedua Korea Selatan.

Lihat : Indeks Kospi 29 Juli Naik Terdorong Kinerja Positif Saham Teknologi

BOJ memperluas stimulus moneter pada hari Jumat melalui peningkatan dalam pembelian dana ETF, tapi mempertahankan target basis uangnya pada 80 triliun yen ($ 775.000.000.000) serta laju pembelian aset lainnya termasuk obligasi pemerintah Jepang.

Lihat : BOJ Pertahankan Suku Bunga Negatif, Tingkatkan Pembelian ETF

Saham lokal jatuh setelah keputusan BOJ, memupus harapan investor untuk stimulus lebih, yang melawan ekspektasi pasar untuk langkah tersebut.

Pada akhir perdagangan, saham Samsung Electronics melonjak 2,12 persen. Sehari sebelumnya, raksasa teknologi melaporkan laba terbesar kuartalan operasi di lebih dari dua tahun, didorong oleh penjualan yang kuat dari upaya smartphone premium dan pemotongan biaya terbaru.

Saham otomotif berakhir turun, dengan saham Hyundai Motor turun 2,94, saham pembuat suku cadang mobil Hyundai Mobis jatuh 5,03 persen.

Sedangkan untuk indeks kospi berjangka terpantau naik 0,05 poin atau 0,02% pada 252.45, naik dari posisi penutupan sebelumnya pada 252.40.

Pada hari Senin mendatang akan dirilis data ekspor dan impor Korea Selatan bulan Juli yang diindikasikan melemah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya indeks Kospi akan bergerak lemah jika data ekspor dan impor terealisir merosot. Namun Indeks juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street. Indeks Kospi diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 249.44-246.68 dan kisaran Resistance 255.09-258.25.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here