Bursa Shanghai 29 Juli Turun 0,5 Persen; Mingguan Merosot 1 Persen

336
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Jumat (29/07), indeks Shanghai berakhir turun -14,94 poin, atau -0,50 persen, ke 2.979,38. Pelemahan Indeks Shanghai terpicu kekuatiran investor terkait pembatasan investasi bank-bank kecil untuk produk wealth management.

Secara mingguan, indeks Shanghai turun 1,1 persen, sebagian besar tertekan kekuatiran pembatasan investasi wealth management, dimana pada akhir perdagangan 27 Juli, indeks Shanghai merosot 2 persen.

Lihat : Indeks Shanghai 29 Juli Turun Terganjal Kekuatiran Perlambatan Investasi Swasta

Pemerintah Tiongkok sedang mempertimbangkan aturan untuk membatasi investasi oleh bank-bank kecil di industri $ 3,5 triliun produk wealth management (WMP), rancangan peraturan dilihat oleh Reuters awal pekan ini. Itu bisa mengekang pembelian mereka dari ekuitas dan aset berisiko lainnya.

The China Banking Regulatory Commission (CBRC) bertemu dengan beberapa pemberi pinjaman bulan ini pada revisi aturan dan versi final yang belum disusun, demikian dinyatakan laporan 21st Century Business Herald.

Regulator Tiongkok telah mengisyaratkan untuk memperhatikan lebih dekat manajer dana dan broker yang menyalurkan tabungan rumah tangga masyarakat ke dalam investasi dari saham ke obligasi dan derivatif. CBRC bulan ini mengeluarkan pedoman membatasi penggunaan leverage oleh rencana manajemen aset terstruktur.

Lihat : Regulator Perbankan Tiongkok Batasi Investasi Produk Wealth Management

Pada hari Senin mendatang akan dirilis data ekonomi Tiongkok NBS` Manufacturing PMI Juli dan Caixin Manufacturing PMI Juli, yang diperkirakan melemah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak negatif jika data manufacturing terealisir melemah. Namun bisa berbalik menguat, jika pelemahan tersebut justru memperkuat harapan stimulus pemerintah Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2873-2783 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3090-3195.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here