Indeks Shanghai 29 Juli Turun Terganjal Kekuatiran Perlambatan Investasi Swasta

350
indeks shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Jumat (29/07), Indeks Shanghai bergerak lemah, saat ini terpantau turun -4,64 poin atau -0,15 persen pada 2989.69. Pelemahan Indeks Shanghai masih tertekan kekuatiran ekonomi Tiongkok

Lihat : Bursa Shanghai 28 Juli Berakhir Naik Terdukung Keuntungan Perusahaan Industri

Perdagangan indeks Shanghai sempat naik tipis setelah Rakyat Bank of China pada Jumat menetapkan titik referensi yuan terhadap dolar AS di 6,6511, 86 basis poin atau 0,13 persen lebih kuat dari pada Kamis. Pedagang diperbolehkan untuk berdagang hingga 2 persen kedua sisi titik referensi untuk hari.

Namun kekuatiran ekonomi Tiongkok masih membayangi dengan terjadinya perlambatan investasi swasta di negara tersebut.

Tiongkok telah mengirim tim pejabat untuk tujuh daerah untuk menyelidiki perlambatan cepat dalam investasi swasta, kabinet negara itu mengatakan Kamis.

Ekonomi China tumbuh lebih cepat dari yang diharapkan pada kuartal kedua 2016 sebagai akibat dari booming perumahan dan belanja infrastruktur pemerintah.

Tapi pertumbuhan investasi oleh perusahaan swasta, yang menyumbang lebih dari 60 persen dari total investasi di Tiongkok, jatuh ke rekor terendah baru pada semester pertama tahun ini sebagai bisnis menahan diri dalam menghadapi prospek ekonomi yang lamban dan ekspor yang lemah.

Lihat : Pemerintah Tiongkok Atasi Perlambatan Investasi Swasta

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai bergerak lemah dengan kekuatiran pelemahan ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2873-2783 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3090-3195.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here