Kekuatan Rupiah Sepekan Tarik Triliunan Modal Asing Masuk Bursa

266

Mengakhiri perdagangan  pasar valas akhir pekan (29/7), rupiah Jumat yang dibuka lebih rendah  pada awal perdagangan mampu bergerak positif seiring kondisi dollar AS masih terpukul kalah dengan rival-rival utamanya. Dollar masih belum mampu rebound hingga sore ini meskipun pada sesi malam akan menerima sentimen positif dari data ekonomi AS yang akan dirilis.  Secara mingguan rupiah pekan ini berhasil rebound dan tarik modal asing triliunan rupiah masuk bursa.

Kekuatan rupiah yang tipis membuat investor asing masih tetap banjiri bursa saham dengan modal yang cukup besar hingga tercipta   net buy asing sebanyak Rp1,5 triliun.  Namun dukungan investor asing ini tidak dapat melampaui aksi profit taking investor lokal sehingga   IHSG akhir pekan anjlok cukup parah hingga turun 1,6% .

Pergerakan kurs rupiah di perdagangan sore  ini bergerak positif dengan posisi penguatan  0,05% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13093/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13087/US$. Demikian  untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini  juga diperkuat.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  menguat ke  13094  dari  posisi 13113 perdagangan hari Kamis (28/07), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat   ke posisi 13159 setelah perdagangan sebelumnya 13179.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan awal pekan  diperkirakan  dibuka positif sekalipun dollar AS mampu rebound hingga akhir perdagangan yang berakhir Sabtu dinihari.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here