Kinerja Keuangan APLN dan Sahamnya Sama-sama Terpukul

313

Mengamati kinerja saham  PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) selama 6 bulan pertama tahun ini kurang menggembirakan seiring dengan kinerja keuangan perseroan yang melempem pada periode tersebut. Laju saham APLN semester I-2016 alami penurunan 22% dari nilai saham awal tahun demikian juga dengan kinerja keuangan perseroan  jeblok hingga 12% dari periode sama tahun 2015.

Sepanjang 6 bulan pertama tahun 2016 laba bersih yang didapatkan APLN menurun dari laba tahun lalu periode yang sama  hanya  Rp308,19 miliar atau Rp15,80 per saham, sedangkan kinerja periode tahun 2015   Rp351,13 miliar atau Rp17,88 per saham. Berkurangnya keuntungan yang diterima APLN disebabkan meningkatnya beban yang harus ditanggung perseroan menghiraukan meningkatnya penjualan dan pendapatan usaha.

Pendapatan dan penjualan APLN meningkat dari Rp2,78 triliun menjadi Rp2,92 triliun dalam periode tersebut, dimana pendapatan paling besar didapat dari sewa hingga Rp439 miliar sedang penjualan paling besar didapat dari penjualan  apartemen hingga Rp824,05 miliar. Untuk beban yang meningkat datang dari Beban Pokok, Beban Keuangan  serta Beban Usaha dan Lainnya.

Untuk pergerakan sahamnya di lantai bursa perdagangan saham hari Jumat (29/07) saham APLN bergerak  kuat pada level 300 setelah pada pembukaan  perdagangan  berada pada level 296. Pagi ini saham bergerak bullish dengan  volume perdagangan  saham  sudah   mencapai  614 ribu  lot saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham APLN perdagangan sebelumnya bergerak kuat   dengan indikator  MA bergerak naik dan stochastic  bergerak naik masuk area jenuh beli. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi rekomendasi trading hari ini  pada target level support di level 290  hingga target resistance di level 305.

Lens Hu/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here