Mantapnya Data Ekonomi Jepang Beri Semangat Rally Yen 29 Juli

318

Jelang pengumuman kebijakan moneter bank sentral Jepang pagi ini (29/7), nilai kurs yen semakin kuat dari perdagangan sebelumnya. Kekuatan rally yen pagi ini didapat dari mantapnya beberapa rilis data ekonomi yang menunjukkan perbaikan kinerja baik pasar tenaga kerja dan juga penjualan sektor ritel negeri tersebut.

Beberapa instansi pemerintah Jepang hari ini melaporkan beberapa data yang sedikit menggambarkan kondisi ekonomi di negeri sakura tersebut. Data yang memberikan semangat yen untuk lanjut rally yaitu data unemployment rate yang turun dan data retail sales yang kontraksinya semakin berkurang.

Sebelumnya yen menguat oleh ekspektasi keputusan kebijakan moneter BOJ pagi ini yang tidak akan memberikan stimulus tambahan ataupun kebijakan yang ekstrem, setelah Federal Reserve umumkan perkembangan Fed rate yang tidak berubah.

Pergerakan kurs yen  di  sesi Asia (02:00:35 GMT) masih cukup kuat terhadap dollar AS,  USDJPY yang dibuka lebih rendah  pada  105.29 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT) turun 1,2% dan nilai pair bergulir berada pada 104,09.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam   berpotensi kuat, sehingga  analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY selanjutnya dapat turun ke kisaran  102,97-102.28. Namun jika tidak sampai kisaran tersebut, maka pair dapat naik  kembali ke kisaran 105,61.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here