Pemerintah Tiongkok Atasi Perlambatan Investasi Swasta

254

Tiongkok telah mengirim tim pejabat untuk tujuh daerah untuk menyelidiki perlambatan cepat dalam investasi swasta, kabinet negara itu mengatakan Kamis.

Dewan Negara telah mengirimkan pejabat dari Komisi Nasional Pembangunan dan Reformasi (NDRC), kementerian industri dan beberapa departemen lain untuk ibukota Beijing dan provinsi Liaoning, Anhui, Shandong, Henan, Hubei dan Qinghai.

Tim akan memeriksa cara pemerintah daerah telah menerapkan langkah-langkah yang dirancang untuk merangsang investasi dan menciptakan tingkat lahan untuk perusahaan swasta, yang telah berjuang untuk mendapatkan akses ke pendanaan dan pasar.

Ekonomi China tumbuh lebih cepat dari yang diharapkan pada kuartal kedua 2016 sebagai akibat dari booming perumahan dan belanja infrastruktur pemerintah.

Tapi pertumbuhan investasi oleh perusahaan swasta, yang menyumbang lebih dari 60 persen dari total investasi di Tiongkok, jatuh ke rekor terendah baru pada semester pertama tahun ini sebagai bisnis menahan diri dalam menghadapi prospek ekonomi yang lamban dan ekspor yang lemah.

Bank-bank Tiongkok biasanya lebih memilih keamanan peminjam BUMN. perusahaan swasta harus membayar 6 poin persentase lebih banyak bunga untuk pinjaman bank pada kuartal kedua dibandingkan sektor publik, analis di bank investasi CICC memperkiraan.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here