Produksi Industri Korea Selatan Juni Melambat

336

Produksi industri Korea Selatan naik untuk bulan kedua berturut-turut pada bulan Juni di belakang peningkatan produksi dalam chip dan produk kimia, sebuah laporan pemerintah menunjukkan Jumat (29/07).

Produksi di industri pertambangan, manufaktur, gas dan listrik naik tipis 0,8 persen bulan lalu dari tahun lalu, menurut laporan oleh Statistik Korea.

Hasil Juni menandai pertumbuhan positif kedua berturut-turut, sekalipun melambat dari lompatan 4,7 persen pada Mei.

south-korea-industrial-production (4)

Namun dari bulan sebelumnya, produksi industri mundur 0,2 persen.

Produksi di sektor jasa melonjak 5,4 persen dari tahun sebelumnya, dengan 1 persen laba-bulanan.

Untuk semua industri, produksi melonjak 4,8 persen pada tahun di bulan Juni dan naik 0,6 persen dari bulan sebelumnya, kata laporan itu.

Badan statistik mengatakan bahwa langkah mereda dari penurunan ekspor memberikan kontribusi terhadap kenaikan moderat pada produksi industri.

Pengiriman keluar Korea Selatan turun 2,7 persen pada Juni, memperlambat dari penurunan 6 persen pada Mei, di belakang meningkatnya pengiriman semikonduktor dan kapal.

Ekspor negara itu, penggerak ekonomi utama, telah menurun selama 18 bulan berturut sejak bulan pertama tahun lalu, yang beruntun negatif terpanjang dalam sejarah Korea, namun mereka telah mengurangi tempo ke bawah dalam beberapa bulan terakhir setelah jatuh 20 persen pada bulan Januari tahun ini .

“Sisi produksi negara telah pulih sepanjang tahun ini, dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” kata Eo Woon-sun, direktur divisi statistik industri jangka pendek di Statistik Korea. “Keuntungan on-year sebesar 0,8 persen terlihat lemah, tapi itu jauh lebih baik daripada penurunan 0,6 persen untuk seluruh tahun 2015.”

Produksi semikonduktor sebagian besar memberikan kontribusi terhadap peningkatan transaksi, karena melonjak 45,5 persen dari tahun sebelumnya, dan barang kimia naik 4,6 persen pada tahun, mengimbangi penurunan 4,4 persen di bidang manufaktur mobil.

Pemanfaatan pabrik rata-rata bulan Juni di sektor manufaktur mencapai 72,1 persen, turun 0,9 persen poin dari bulan sebelumnya.

Sementara itu, konsumsi domestik terus kecepatan optimis bulan lalu untuk naik 8,9 persen, menandai tertinggi pada tahun gain sejak Januari 2011, ketika mencapai 10,8 persen.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here