Bursa Eropa Bergerak Positif Merespon Stress Test Bank Eropa

280

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi di awal Senin (01/08) dengan reaksi investor terhadap stress test perbankan Eropa.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.745,95, naik 21,52 poin atau 0,32%

Indeks DAX berada pada posisi 10.432,96, naik 95,46 poin atau 0,92%

Indeks CAC berada pada posisi 4.454,25, naik 14,44 poin atau 0,33%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.603,40, naik 16,20 poin atau 0,19%

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,15 persen dengan sebagian besar indeks utama dan sektor di wilayah positif. Investor Eropa menganalisis hasil stress test terbaru European Banking Authority (EBA).

EBA menemukan bahwa Italia Banca Monte dei Paschi di Siena (BMPS), Bank tertua di dunia, akan memiliki kesulitan terbesar dari 51 bank papan atas Eropa yang mencakup pinjaman bermasalah antara sekarang hingga 2018 dalam kondisi ekonomi yang memburuk. Bank lain yang tampil buruk dalam stress tes adalah Austria’s Raiffeisen, Allied Irish Banksand Spain’s Banco Popular..

Saham perbankan yang lebih tinggi pada awal perdagangan tetapi dibalik keuntungan, meskipun beberapa pemberi pinjaman Italia masih diperdagangkan lebih tinggi. Saham BMPS berada di dekat bagian atas STOXX 600 setelah mengumumkan rencana penyelamatan setelah penutupan pada hari Jumat yang melibatkan peningkatan modal dari sektor swasta. Banco Popolare dan Banca Popolare di Milano di antara bank-bank Italia lainnya di wilayah positif.

Unicredit, yang ditandai sebagai keprihatinan selama stress test, melemah tajam dan sempat dihentikan dari perdagangan.

Beberapa investor telah menyatakan keprihatinan tentang bagaimana menghapus stres tes sektor perbankan Eropa mengingat bahwa mereka tidak menguji skenario tertentu seperti lingkungan suku bunga negatif.

Di sisi pendapatan, Porsche melaporkan penurunan laba semester pertama tahun ke tahun, tapi saham yang agak lebih tinggi.

Bir raksasa Heineken melaporkan kenaikan 6,8 persen pada laba bersih sebelum pos luar biasa dalam enam bulan pertama tahun ini, namun saham diperdagangkan lebih rendah.

Sektor sumber daya dasar juga diperdagangkan lebih tinggi. Anglo American adalah salah satu pemain terbaik setelah RBC menaikkan prospek dari “perform” menjadi “outperform”.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah jika data Manufacturing kawasan eropa yang diindikasikan turun terealisir. Namun juga akan mencermati laporan laba emiten, pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here