Bursa Shanghai 1 Agustus Berakhir Turun Terendah 1 Bulan

354
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Senin (01/08), indeks Shanghai berakhir turun -25,95 poin, atau -0,87 persen, ke 2953.39. Pelemahan Indeks Shanghai terpicu sentimen bearish pengetatan bisnis keuangan di Tiongkok.

Lihat : Indeks Shanghai 1 Agustus Bergerak Lemah Terganjal Pelemahan Manufaktur

Saham-saham Tiongkok jatuh ke dekat satu bulan penutupan terendah pada Senin karena sentimen investor terpukul oleh tindakan keras regulator pada spekulasi serta gelombang dari penawaran umum perdana (IPO).

Pengawas sekuritas Tiongkok baru-baru ini memperketat aturan lebih hedge fund, yang membatasi bisnis shadow banking dari rumah reksa dana dan sedang menyiapkan aturan bertujuan untuk membatasi arus uang dari bank ke pasar saham melalui produk wealth management.

Selain itu, bursa saham telah meningkatkan tindakan keras terhadap perdagangan spekulatif.

Kelemahan juga disebabkan banjir sembilan IPO pekan ini, termasuk penjualan saham yang relatif besar dengan Jiangsu Jiangyin Rural Commercial Bank Co Ltd dan Bank of Guiyang Co.

Pada awal perdagangan pagi tadi, indeks Shanghai juga tertekan pelemahan aktifitas manufaktur.

Aktivitas di sektor manufaktur Tiongkok secara tak terduga menyusut pada bulan Juli, survei resmi menunjukkan pada hari Senin, dengan perusahaan-perusahaan kecil dan menengah memimpin penurunan dan memperkuat kekhawatiran bahwa ekonomi mungkin sekali lagi kehilangan momentum.

Indeks Pembelian Manajer (PMI) resmi bergeser ke 49,9 pada bulan Juli, dibandingkan dengan pembacaan bulan sebelumnya 50,0 dan di bawah angka 50 poin yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi secara bulanan. Analis yang disurvei oleh Reuters memprediksi pembacaan 50,0.

Lihat : Pertumbuhan Manufaktur Tiongkok Juli Menyusut

Namun pasar tidak terlalu terpengaruh oleh sentimen positif dari survei bisnis swasta yang menunjukkan pada hari Senin bahwa aktivitas manufaktur Tiongkok tumbuh untuk pertama kalinya dalam 17 bulan pada bulan Juli, meskipun laju pertumbuhan adalah sederhana.

Lihat : Caixin PMI : Aktifitas Manufaktur Tiongkok Juli Naik Tertinggi 17 Bulan

Pada akhir perdagangan, melawan tren, sebagian besar saham emas naik.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak negatif dengan kekuatiran ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2829-2723 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3048-3169.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here