Caixin PMI : Aktifitas Manufaktur Tiongkok Juli Naik Tertinggi 17 Bulan

428

Aktivitas manufaktur Tiongkok diperluas untuk pertama kalinya dalam 17 bulan pada bulan Juli sebagai produksi dan pesanan baru meningkat, survei bisnis swasta menunjukkan pada hari Senin (01/08).

The Caixin / Markit Manufacturing Purchasing Managers ‘(PMI) naik menjadi 50,6, mengalahkan ekspektasi pasar 48,7 dan naik dari 48,6 pada bulan Juni.

china-manufacturing-pmi (6)

Pembacaan melewati 50-point tingkat netral ekspansi memisahkan kegiatan dari kontraksi untuk pertama kalinya sejak Februari 2015.

Produksi mencapai dua tahun pesanan tertinggi dan baru diperluas di laju tercepat dalam 17 bulan di belakang permintaan domestik kuat.

Pembacaan pada kerja naik tipis tapi masih menunjukkan kehilangan pekerjaan signifikan, meskipun survei tenaga kerja swasta resmi dan lainnya belum menunjukkan tekanan bahan di pasar tenaga kerja, area fokus utama bagi para pembuat kebijakan.

Pesanan ekspor baru juga terus menurun, namun laju kontraksi adalah yang terkecil dalam delapan bulan meskipun analis mengatakan tekanan untuk perdagangan global tetap kuat.

“Perekonomian Tiongkok telah mulai menunjukkan tanda-tanda stabilisasi karena implementasi secara bertahap kebijakan fiskal proaktif,” Zhengsheng Zhong, direktur analisis makroekonomi CEBM Group, mengatakan dalam sebuah catatan yang menyertai laporan PMI.

“Tapi tekanan pada pertumbuhan ekonomi tetap, dan kebijakan fiskal dan moneter yang mendukung harus dilanjutkan,” kata Zhong.

Tiongkok melaporkan pekan lalu bahwa keuntungan industri naik di laju tercepat dalam tiga bulan pada bulan Juni, meskipun keuntungan terkonsentrasi di beberapa industri termasuk elektronik, baja dan pengolahan minyak.

Data ekonomi Tiongkok kuartal kedua sedikit lebih kuat dari yang diperkirakan, berkat booming perumahan dan belanja infrastruktur pemerintah yang meningkatkan permintaan untuk bahan dari semen dan baja.

Namun, pertumbuhan investasi swasta telah menyusut ke rekor terendah dan risiko keuangan tumbuh sebagai utang terus meningkat, analis mengatakan.

Biaya input naik tajam pada bulan Juli setelah jatuh pada bulan Juni, survei PMI menunjukkan, dan merupakan yang tertinggi sejak April, namun perusahaan mampu melewati biaya yang lebih tinggi kepada pelanggan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here