Ekspor Korea Selatan Juli Anjlok 10 Persen, Terendah 1,5 Tahun

319

Ekspor Korea Selatan turun lebih dari 10 persen pada Juli, dengan tingkat penurunan kembali ke double digit setelah satu digit pada Mei dan Juni, kementerian perdagangan mengatakan Senin (01/08).

Pengiriman Outbound datang ke $ 41 miliar bulan lalu, turun 10,2 persen dari bulan yang sama tahun lalu, menurut Departemen Perdagangan, Industri dan Energi.

south-korea-exports (3)

Sosok Juli menandai rekor 19 bulan berturut bahwa ekspor menurun sejak Januari 2015.

Penurunan dua digit datang setelah pada tahunan penurunan masing-masing 5,9 persen dan 2,7 persen pada Mei dan Juni.

Impor terus menyusut di klip lebih cepat, jatuh 14,4 persen pada tahun untuk $ 33,3 miliar pada bulan Juli.

Surplus perdagangan datang ke US $ 7,8 miliar menandai bulan ke-54 berturut-turut surplus.

Kementerian itu mengatakan salah satu faktor penurunan seperti hari kerja yang lebih sedikit dan penurunan pengiriman kapal kontribusi terhadap perlambatan pada bulan Juli.

“Kami memiliki hari kerja lebih sedikit tahun ini dari tahun sebelumnya.

Dan penjualan kapal mundur bulan lalu, “kata kementerian perdagangan dalam rilisnya.

Pengiriman kapal buatan Korea Selatan hampir setengahnya untuk $ 1,99 miliar tahun ini dari $ 3,46 miliar, menyeret turun seluruh ekspor penghitungan 9,2 poin persentase pada bulan Juli, tambahnya.

Industri perkapalan, yang telah menderita kerugian operasi besar-besaran dari proyek pembangkit di luar negeri, melihat pengiriman luar negeri melambung 29,6 persen pada tahun di bulan Juni, perubahan yang dari penurunan 16,7 persen pada Mei, memberikan dukungan untuk total penurunan ekspor sederhana 2.7 persen pada bulan Juni.

Kementerian mencatat bahwa pemogokan parsial oleh pekerja serikat dari Hyundai Motor Co dan jadwal perbaikan dan pemeliharaan di perusahaan petrokimia juga memainkan peran dalam penurunan terbaru.

Ekspor mobil merosot 14,6 persen pada tahun pada bulan Juli, sedangkan produk petrokimia tenggelam 12,3 persen.

Penjualan luar negeri dari panel datar menurun 19,2 persen pada tahun bulan lalu, dengan kecepatan mereka melambat dari 25,2 persen pada Juni, menandai terkecil penurunan pada tahun sejak Desember 2015.

Ekspor semikonduktor Korea Selatan terus beruntun kalah mereka bulan lalu, turun 2,6 persen pada tahun, pelebaran dari penurunan 0,4 persen di bulan sebelumnya.

Namun, pengiriman komputer pribadi naik untuk tiga bulan berturut-turut pada bulan Juli untuk memukul 6 1/2-tahun tinggi dari 39,1 persen melompat di belakang meningkatnya permintaan global untuk perangkat baru.

Menurut wilayah, ekspor ke Tiongkok, tujuan ekspor terbesar Korea Selatan, tenggelam 9,3 persen bulan lalu dari tahun lalu, terus kalah beruntun sejak awal tahun.

Pengiriman ke Amerika Serikat dan Uni Eropa turun masing-masing 14,3 persen dan 4,3 persen.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here