Harga Kopi Arabica Akhir Pekan Melonjak Hampir 3 Persen; Bulan Juli Hanya Naik 1 Persen

377

Harga kopi arabica berjangka di bursa komoditas ICE Futures New York pada penutupan perdagangan Sabtu dini hari (30/07) berakhir naik. Kenaikan harga kopi arabica terpicu pelemahan mata uang Dollar AS.

Indeks dolar turun 1,15 persen pada Jumat terhadap sekeranjang enam mata uang. Melemahnya dollar AS terjadi setelah pertumbuhan ekonomi AS berada di bawah perkiraan yang membebani dolar.

Departemen Perdagangan AS melaporkan bahwa PDB tumbuh pada tingkat tahunan 1,2 persen pada kuartal kedua, jauh lebih kecil dari perkiraan ekonom pertumbuhan 2,6 persen.

Lihat : Pertumbuhan Ekonomi AS Q2 Meningkat 1,2 Persen

Pelemahan dollar AS membuat harga kopi arabica yang dijual dalam mata uang dollar AS menjadi lebih murah, sehingga permintaannya meningkat.

Lihat : Harga Kopi Arabica ICE Naik Terbantu Pelemahan Dollar AS

Harga kopi arabika berjangka untuk kontrak paling aktif bulan September 2016 ditutup naik pada posisi 1,4620 dollar, naik sebesar 4,05 sen atau setara dengan 2,85 persen.

Dengan kenaikan akhir pekan ini, maka harga kopi arabica sepekan melonjak 3 persen. Namun secara bulanan hanya meningkat 1,2 persen. Harga tertahan naik lebih jauh dengan adanya tarik menarik sentimen, pergerakan dollar AS dan Real Bazil, juga pergerakan persediaan dan permintaan kopi arabica.

Malam nanti akan dirilis data ISM Manufacturing PMI Juli yang diindikasikan turun tipis. Jika terealisir dapat melemahkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga kopi arabika berjangka di ICE Futures New York pada perdagangan selanjutnya berpotensi menguat dengan potensi pelemahan dollar AS. Harga kopi arabika berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level Resistance di posisi 1,4900 dollar dan 1,5200 dollar. Sedangkan level Support yang akan dihadapi jika terjadi kenaikan harga ada pada posisi 1,4300 dollar dan 1,4000 dollar.


Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here