Penjualan Rumah Baru Australia Juni Melonjak 8,2 Persen

273

Penjualan rumah baru di Australia melonjak pada bulan Juni, demikian data dari Housing Industry Association (HIA) Australia menunjukkan pada hari Senin (01/08).

Penjualan rumah baru naik 8,2% pada bulan Juni setelah penyesuaian musiman, menyusul penurunan 4,4% pada bulan Mei. Itu adalah kenaikan terbesar sejak enam tahun tinggi April dari 8,9%.

australia-new-home-sales

Laporan penjualan rumah baru HIA dirilis secara bulanan dan memberikan gambaran aktivitas perumahan di ekonomi terbesar ke-12 di dunia ini. Pengukur bulanan didasarkan pada survei terhadap volume pembangun yang terbesar di negara itu.

Penjualan rumah baru telah menurun tajam melalui bagian pertama tahun ini, karena pasar terus menurun dari puncaknya sebelumnya. Konstruksi rumah diperkirakan akan tetap kuat sepanjang tahun 2016, meskipun para ahli memperingatkan penurunan luas dalam pembangunan multi-unit menyusul rekor tertinggi berturut-turut selama dua tahun sebelumnya.

Industri konstruksi perumahan Australia telah menjadi sumber stabilitas untuk ekonomi masih belum pulih dari penurunan tajam dalam sumber daya alam. Sektor konstruksi adalah kontributor positif terhadap PDB kuartal pertama. Ekonomi Australia diperluas 1,1% untuk kuartal, ekspansi tercepat dalam tiga tahun.

Keuntungan dalam konstruksi terjadi meski perlambatan investasi bisnis yang berkaitan dengan rekayasa konstruksi dan bangunan baru. Investasi dalam kategori ini tergelincir 2,2% pada periode Januari-Maret.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here