Pertumbuhan Manufaktur Jepang Juli Masih Kontraksi

237

Produksi di sektor manufaktur Jepang masih mengalami kontraksi pada bulan Juli untuk bulan kelima berturut-turut, karena ekonomi terbesar ketiga di dunia itu masih terus melemah.

Indeks pembelian manajer (PMI) Markit / Nikkei manufaktur datang di 49,3 pada bulan Juli, naik dari 48,1 bulan sebelumnya. Angka itu sedikit di atas perkiraan flash 49,0 dirilis 22 Juli.

japan-manufacturing-pmi (3)

Namun PMI di bawah 50 biasanya terkait dengan kontraksi produksi manufaktur.

“Kondisi Manufaktur di Jepang memburuk pada kecepatan yang lebih lemah pada awal kuartal ketiga 2016. Hal ini mengikuti kuartal terburuk dalam hampir 3,5 tahun. Produksi dan pesanan baru menurun pada tingkat yang lebih lambat pada bulan Juli, sementara pertumbuhan lapangan kerja naik sedikit, meskipun tetap marjinal secara keseluruhan, “demikian Amy Brownbill, ekonom di Markit, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Selain permintaan internasional yang lemah, sektor manufaktur Jepang telah menderita melalui gempa bumi yang menghancurkan melalui bagian awal 2014. Gempa bumi sejak April telah mengirimkan gelombang kejutan melalui industri otomotif dan elektronik negara, dua sektor yang sangat terkait dengan permintaan ekspor. Perusahaan multinasional Toyota, Honda dan Sony menghentikan operasi akibat gempa bumi kuat di Kumamoto di barat daya Jepang.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here