Pertumbuhan Manufaktur Zona Eropa Juli Masih Melambat

386

Indeks PMI manufaktur Jerman direvisi naik sedikit menjadi 53,8 untuk bulan Juli dari pembacaan flash 53,7 dengan pasar mengharapkan angka tidak berubah, meskipun ini masih di bawah pembacaan bulan Juni dari 54,5. Jerman secara keseluruhan terus mengungguli produsen zona euro utama lainnya.

Meskipun pesanan baru bagi produsen Jerman beringsut sedikit lebih rendah, itu masih pembacaan kedua tertinggi selama 28 bulan dan pesanan ekspor naik secara signifikan pada bulan tersebut. Ada juga peningkatan terkuat di produksi selama lebih dari dua tahun.

germany-manufacturing-pmi (2)

Terjadi peningkatan biaya input untuk pertama kalinya pada tahunan, sementara kerja meningkat untuk memenuhi peningkatan volume bisnis.

Ada hasil yang sama untuk zona euro secara keseluruhan dengan pembacaan flash 51,9 direvisi fraksional lebih tinggi menjadi 52,0 dan telah memberi sinyal ekspansi untuk 37 bulan terakhir.

euro-area-manufacturing-pmi (1)

Produksi secara keseluruhan diadakan dekat dengan posisi tertinggi enam bulan sebagai Euro umumnya lemah membantu mendukung pesanan ekspor. Mata uang yang lemah juga berdampak pada biaya dengan kenaikan pertama dalam harga pembelian rata-rata selama setahun. Meskipun harga produksi terus turun, itu adalah tingkat paling lambat dari penurunan selama 11 bulan, sementara lapangan kerja secara keseluruhan meningkat.

Masih ada kekhawatiran penting seputar prospek Prancis dengan indeks tidak dapat mendaftarkan perbaikan dan masih di bawah level 50,0 meskipun mencapai empat bulan tinggi. Data Italia dan Spanyol juga merupakan sumber penting dari keprihatinan dengan indeks di level terendah masing-masing selama 18 dan 31 bulan.

Akan ada kepercayaan lebih lanjut bahwa sektor manufaktur zona Eropa secara keseluruhan akan terus membuat kemajuan, terutama dengan Euro kompetitif membantu untuk mendukung ekspor. Akan tetapi, menjadi keprihatinan penting seputar perbedaan dengan produiksi Perancis terus kontraksi, sementara prospek di Italia dan Spanyol telah memburuk. Tren ini akan terus mengerahkan tekanan yang mendasari di zona euro dengan risiko meningkatnya perselisihan atas kebijakan moneter antara Jerman dan negara-negara zona euro kunci lainnya.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here