Bisnis Ranch dan Farmers Market Meroket, Saham RANC Retreat

318

Pergerakan saham PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) perdagangan awal pekan (1/8) ditutup lebih rendah dari dari harga pembukaan dan juga perdagangan sebelumnya. Perdagangan saham alami profit taking setelah berhasil rally perdagangan pekan sebelumnya meskipun kinerja keuangan perseroan sangat mantap.

RANC melaporkan kinerja keuangannya sepanjang semester pertama tahun ini yang alami untung besar dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Laba bersih yang didapat pemilik swalayan Ranch Market dan Farmer Market sepanjang 6 bulan pertama tahun ini mencapai Rp26,17 miliar sedangkan semester I-2015 hanya Rp5,79 miliar.

Mantapnya kinerja keuangan RANC hingga naik 400 persen lebih tersebut dipicu oleh meningkatnya penjualan dan menurunnya beban keuangan cukup signifikan hingga 70% lebih. Pendapatan mencapai  Rp1,03 triliun, sedangkan semester I-2105 hanya  Rp944,04 miliar.

Menilik kabar dari lantai bursa perdagangan saham pada Senin (1/8) saham RANC ditutup anjlok  pada level 635 setelah pada penutupan perdagangan sebelumnya berada pada level 640 dan bergerak dalam kisaran 660-630  dengan volume perdagangan saham mencapai 300 ribu saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham RANC bearish dengan indikator MA masih bergerak naik dan  indikator Stochastic mulai bergerak naik ke area jenuh beli setelah sebelumnya berada pada area tengah.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar didukung oleh +DI yang juga bergerak naik yang menunjukan pergerakan RANC dalam potensi pelemahan. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi laju RANC masih akan dalam tekanan terbatas  pada target level support di level 610 hingga target resistance di level 665.

Joel/VMN/VBN/ Senior Analyst at Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here