Bursa Hong Kong Ditutup Terkait Ancaman Serangan Topan Nida

328

Bursa Saham di Hong Kong tidak dibuka hari Selasa (02/08) ini karena peringatan topan yang dikeluarkan oleh Hong Kong Observatory. Bursa Efek Hong Kong mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sesi perdagangan pagi di surat berharga dan derivatif akan dibatalkan jika peringatan topan tetap dikeluarkan pada 9:00 HK / SIN.

Bursa juga mengatakan jika peringatan tersebut tetap dikeluarkan pada 12:00 HK / SIN, perdagangan akan dibatalkan untuk hari ini.

Angin kencang melanda Hong Kong Selasa dinihari, tapi tidak ada kerusakan besar dilaporkan setelah Topan Nida melanda Hong Kong dan kemungkinan pindah ke daratan Tiongkok.

Lebih dari 120 penerbangan ke dan dari Hong Kong telah dibatalkan sebagai serangan Topan Nida menuju kota dan Cina selatan, setelah memukul Filipina selama akhir pekan.

Angin hingga 145 kilometer per jam (90 mil per jam) dilaporkan di beberapa bagian kota, menurut Hong Kong Observatory, yang juga memperingatkan potensi risiko banjir.

Lebih dari 180 penerbangan ke atau dari bandara Hong Kong dibatalkan, dan bus, trem dan feri rute ditangguhkan.

Observatory mengatakan Selasa pagi bahwa Nida telah “melemah menjadi badai tropis parah dan bergerak secara bertahap ke daerah-daerah pedalaman Guangdong.”

Observatory mengeluarkan sinyal peringatan pertama No 8 tahun ini, ketiga-paling parah, pada Senin malam.

Berbicara kepada wartawan, juru bicara Observatorium memperingatkan Hong Kongers “tidak membiarkan mereka turun” karena badai bergerak melintasi kota.

“Tempat-tempat yang telah terlindung sebelumnya akan menjadi lebih terkena angin kencang,” katanya, menambahkan bahwa potensi sinyal peringatan yang lebih tinggi bisa dinaikkan “tidak dapat dikesampingkan.”

Hembusan hingga 145 kilometer (90 mil) per jam tercatat di Ngong Ping di Pulau Lantau, dekat dengan bandara, sementara pulau terpencil Cheng Chau terkena oleh 78 kilometer per jam kecepatan angin.

MTR, kereta bawah tanah Hong Kong, hanya menjalankan layanan terbatas, sementara sebagian besar rute bus dihentikan, dan semua layanan feri dan tram dibatalkan.

“Pihak berwenang tidak mengambil risiko,” kata CNN Ivan Watson. “Hong Kong terkena untuk jenis-jenis topan, dan banyak kota kemungkinan akan ditutup hari ini.”

Sementara sinyal peringatan nomor 8 tetap berlaku pada 10:00 waktu setempat, Observatorium mengatakan “angin lokal moderat secara bertahap” dan sinyal dapat diturunkan ke No 3 setelah tengah hari.

Dengan badai berlangsung di Hong Kong dan membuat daratan di Cina selatan, banyak kota di wilayah Pearl River Delta yang menguatkan terkena dampak tersebut.

Administrasi Meteorologi China telah mengeluarkan siaga merah topan – tingkat tertinggi peringatan – lebih topan mendekati, peringatan seperti pertama tahun ini, dengan orang-orang di daerah yang terkena diperingatkan untuk menyediakan makanan hingga tiga hari.

China’s State Oceanic Administration (SOA) mengeluarkan peringatan merah untuk gelombang laut dan badai pasang, memperingatkan bahwa gelombang tinggi hingga 11 meter bisa diperkirakan di lepas pantai Provinsi Guangdong.

SOA memperkirakan bahwa tingkat laut lepas muara Sungai Mutiara bisa naik hingga 220 cm (7 kaki), dan memperingatkan risiko banjir.

Bandara Shenzhen membatalkan semua penerbangan dari tengah malam Senin sampai Selasa pagi, sementara lebih jauh ke utara di Guangzhou lebih dari 600 kereta berkecepatan tinggi berjalan dihentikan, menurut kantor berita Xinhua.

Pada Selasa pagi, Nida telah diturunkan menjadi badai tropis, namun peringatan tetap di tempat.

Administrasi Meteorologi China (CMA) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Nida diperkirakan bergerak ke barat laut dengan kecepatan sekitar 25 kilometer per jam.

“Topan itu akan mendarat di provinsi Guangxi di senja hari dan itu akan melemah dan dikategorikan tekanan rendah tropis di malam hari,” kata CMA.

Nida, juga disebut Badai Tropis Carina, melanda Filipina pada Sabtu, menuangkan hingga 11 inci hujan di atas bagian utara.

Luzon Utara dan provinsi Zambales dan Bataan yang waspada untuk banjir bandang dan tanah longsor yang dipicu oleh hujan, Philippine Atmospheric Geophysical and Astronomical Services Administration menyatakan.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here