Defisit Perdagangan Australia Juni Melebar

361

Defisit perdagangan Australia melebar pada bulan Juni, disebabkan kenaikan impor namun terjadi pelemahan ekspor.

Defisit perdagangan Australia mencapai $ 3.2 miliar pada bulan Juni, dibandingkan dengan $ 2,2 miliar pada Mei, Australian Bureau of Statistics mengatakan dalam sebuah laporan pada hari Selasa (02/08). Perkiraan median ekonom memproyeksikan jatuh ke $ 2 miliar.

australia-balance-of-trade (3)

Nilai ekspor turun 1% pada bulan Juni setelah naik 1% bulan sebelumnya. Impor naik 2% setelah kenaikan serupa bulan sebelumnya.

Bulan lalu Australia telah menyerukan perjanjian perdagangan bebas dengan Inggris setelah negara itu memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa dalam referendum 23 Juni. Perdana Menteri Inggris Theresa May menyatakan perjanjian sebagai “sangat menggembirakan,” menandakan bahwa pemerintah Konservatif siap untuk mempelajari proposal.

Inggris tidak dapat secara resmi menegosiasikan kesepakatan perdagangan baru dengan Australia sampai secara resmi keluar dari Uni Eropa. Menteri Brexit David Davis mengatakan Inggris secara resmi akan memberitahukan Brussels keinginannya untuk meninggalkan Uni Eropa sebelum akhir tahun. Ini akan membuka jendela dua tahun untuk menegosiasikan perjanjian perdagangan baru.

Reserve Bank of Australia (RBA) akan mengumumkan keputusan suku bunga terbaru. Pembuat kebijakan diharapkan untuk memilih mendukung lain pengurangan 25 basis poin ke tingkat semalam setelah inflasi tahunan turun ke level terendah 17-tahun pada kuartal kedua.

Inflasi kuartalan naik pada laju tahunan 1% April-Juni, RBA mengatakan pekan lalu. Sebuah mengukur swasta inflasi konsumen turun 0,3% pada bulan Juli, Melbourne Institute melaporkan Senin.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here