Harga Rumah Kota Besar Tiongkok Bulan Juli Masih Mahal

494

Harga rumah masih mahal di sebagian besar kota-kota besar Tiongkok, namun mungkin telah mencapai puncaknya di kota bagian selatan Shenzhen.

Harga rumah baru di 100 kota naik 12,39 persen pada Juli dari tahun lalu, lebih cepat dari kecepatan pada bulan Juni, kata perusahaan riset Cina Indeks Academy.

Harga rumah rata-rata adalah 12.009 yuan ($ 1,807) per meter persegi pada bulan Juli di 100 kota, naik 1,63 persen dari bulan sebelumnya, dibandingkan dengan kenaikan 1,32 persen pada Juni.

Tapi di Shenzhen, di mana biaya rumah telah meningkat tercepat di negara itu tahun ini, harga memuncak pada 69.843 yuan ($ 10,509.03) per meter persegi pada minggu pertama bulan ini, kemudian jatuh lebih dari 27 persen berdasarkan transaksi di akhir bulan, menurut data mingguan dari agen properti Centaline.

Untuk bulan Juli, harga rumah Shenzhen turun 8,15 persen bulan ke bulan, penurunan bulanan tercepat sejak 2012, setelah mencapai rekor tinggi pada bulan Juni, agen lain, Midland Realty, mengatakan dalam sebuah laporan.

Shenzhen adalah salah satu dari sejumlah kota top-tier termasuk Shanghai yang telah memperketat pembatasan pembelian rumah dalam beberapa bulan terakhir untuk mendinginkan kenaikan harga, yang telah memicu kekhawatiran gelembung aset.

Tapi sementara harga di Shenzhen mungkin telah mencapai puncaknya, kota lapis pertama lainnya terus melihat kenaikan kuat pada tahun ke tahun.

Harga di Shenzhen, Shanghai dan Beijing naik 41,25 persen, 22,5 persen dan 15,47 persen tahun-ke-tahun pada bulan Juli, kata Index Academy.

Ini adalah cerita yang berbeda di kota-kota yang lebih kecil, dengan 38 dari 100 kota mencatat penurunan harga pada bulan Juli dari tingkat tahun lalu.

Media Tiongkok telah mulai memperingatkan risiko dalam perputaran yang cepat di pasar perumahan tahun ini, dengan dorongan untuk kebijakan real estate yang berbeda untuk berbagai kota dan kekhawatiran bahwa terbentuk gelembung spekulatif.

Pasar properti merupakan pendorong utama dari ekonomi terbesar kedua di dunia dan pemulihan yang kuat dalam harga rumah dan penjualan memberi dorongan kuat dari perkiraan aktivitas pada semester pertama tahun ini.

Biro statistik China akan melaporkan data harga perumahan resmi pada 18 Agustus.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here