Harga Karet Tocom 3 Agustus Berakhir Turun Mengikuti Pelemahan Bursa Tokyo

275

Harga karet Tocom pada penutupan perdagangan sesi Rabu siang (03/08) berakhir lemah. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Januari 2017 menurun mengikuti pelemahan bursa Tokyo.

Di akhir perdagangan bursa saham Jepang Rabu (03/07), indeks Nikkei turun -1,88 persen, di 16.083,11. Pelemahan indeks Nikkei terpicu stimulus pemerintah Jepang yang mengecewakan.

Pemerintah Jepang menyetujui paket 13.5 triliun yen ($ 132.04 miliar) kebijakan fiskal, dengan 7,5 triliun yen belanja oleh pemerintah pusat dan daerah sebagai bagian dari paket stimulus fiskal 28 triliun yen Perdana Menteri Shinzo Abe, yang diumumkan pekan lalu dalam upaya untuk meningkatkan perekonomian negara yang lesu.

Lihat : Kabinet Abe Menyetujui Paket Stimulus $270 Miliar Untuk Bangkitkan Ekonomi Jepang

Paket ini membuat beberapa investor kecewa.

Kekecewaan dengan stimulus fiskal mengikuti Bank of Japan (BOJ) pada Jumat mengejutkan banyak pelaku pasar dengan langkah-langkah pelonggaran lebih kecil dari yang diperkirakan. BOJ mengatakan akan meningkatkan pembelian atas exchange-traded funds (ETF), tetapi mempertahankan suku bunga tidak berubah dan tidak meningkatkan pembelian obligasi pemerintah, seperti yang telah secara luas diharapkan.

Kekecewaan yang kemungkinan melaju hasil pada obligasi pemerintah Jepang 10 tahun (JGB), yang meningkat menjadi negatif 0.087 persen, dibandingkan dengan tingkat di bawah negatif 0.240 persen seminggu sebelumnya. imbal hasil obligasi bergerak terbalik terhadap harga.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Januari 2017 berakhir turun sebesar -1,1 yen atau -0,7 persen pada posisi 153,00 yen per kilogram, turun dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 154,10 yen per kilogram.

Lihat : Harga Karet Tocom 2 Agustus Berakhir Lemah Tergerus Penguatan Yen

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan selanjutnya hari ini masih berpotensi melemah terpengaruh pelemahan bursa Tokyo.

Untuk perdagangan sesi selanjutnya harga diperkirakan akan menemui level Support di posisi 148,00 yen. Support selanjutnya ada di 143,00 yen. Sementara itu jika harga naik akan menemui Resistance di posisi 158,00  yen dan 163,00  yen.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here