Kekuatan Rupiah Rabu Pagi Semakin Menyusut

247

Setelah bursa di Indonesia kebanjiran modal asing triliunan rupiah, pasar mulai lakukan aksi ambil untung yang cukup menggiurkan baik di pasar valas maupun saham. Demikian juga terhadap rupiah di tengah perdagangan valas dan antar bank tanah air hari Rabu (03/08)  alami lanjutan koreksi alias retreat masuki hari kedua berturut setelah awal pekan mencapai posisi tinggi dalam 15 bulan.  Dan pelemahan pagi ini  sejalan dengan pelemahan kurs yang dilakukan BI untuk perdagangan hari ini.

Lemahnya pergerakan rupiah Rabu pagi menambah kelesuan  investor asing lanjutkan koleksi beli saham, justru sebaliknya membuat asing mulai tarik modalnya. Net sell asing pagi ini dibursa tercetak Rp10 miliar lebih.  Aksi  investor asing ini  juga membuat kekuatan IHSG   terpangkas hingga turun 0,1% namun masih di kisaran 5300.

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi ini bergerak negatif dengan posisi penurunan  0,21% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13109/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13112/US$.  Demikian  untuk  kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini  melemah  ke  13144  dari  posisi 079 perdagangan hari Selasa (2/08).

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi melemah hingga akhir perdagangan  oleh bangkitnya kembali fundamental dollar AS, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13118 resistance  13085.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here