Pelemahan Rupiah Rabu Tidak Halangi Investor Asing Setor Ratusan Miliar

230

Mengakhiri perdagangan  pasar valas hari Rabu (3/8), rupiah yang dibuka lebih rendah  pada awal perdagangan semakin melemah. Dollar AS ditengah perdagangan forex sesi Eropa sore ini sedang unjuk kekuatan lawan rival-rival utamanya sejak awal sesi Asia.

Lemahnya rupiah sepanjang hari  tidak membuat aliran modal asing ke bursa saham Indonesia berhenti, sempat berhenti namun diawal sesi Eropa pasar memburu kembali saham-saham unggulan yang masih murah. Net buy investor asing hingga akhir perdagangan saham tercatat Rp372 miliar. Namun besarnya aliran modal asing tidak sanggup angkat IHSG  yang akhirnya anjlok 0,4%.

Lihat: IHSG 3 Agustus Ditutup Lemah, Namun Raih 372 Miliar Dana Asing

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot siang ini bergerak negatif dengan posisi penurunan  0,26% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13121/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13112/US$. Demikian juga untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini   diperlemah.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  melemah  ke  13180  dari  posisi 13144 perdagangan hari Selasa (2/08), sedangkan kurs transaksi antar bank melemah   ke posisi 13144 setelah perdagangan sebelumnya 13145.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan Selasa pagi  diperkirakan  dibuka positif sekalipun dollar AS mampu rebound hingga akhir perdagangan sesi Amerika.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here