Pertumbuhan Manufaktur dan Jasa Zona Eropa Juli Terkuat 6 Bulan

322

Indeks PMI sektor jasa zona Eropa final diperkuat menjadi 52,9 dari pembacaa flash 52,7, yang sedikit lebih tinggi dari yang diperkirakan, sementara indeks komposit final diperkuat untuk 53,2 dari 52,9.

Pembacaan komposit adalah yang terkuat selama enam bulan dan indeks telah berada di wilayah ekspansi selama 37 bulan berturut-turut.

euro-area-services-pmi (1)

Optimisme kinerja masa depan jatuh ke level terendah 19-bulan. Akan ada optimisme seputar prospek dan bahwa hasil referendum UK tidak memiliki dampak yang merugikan kepercayaan, meskipun masih akan ada kekhawatiran apakah zona euro bisa lepas dari lintasan pertumbuhan yang rendah yang mendasari.

euro-area-composite-pmi (5)

Perkembangan kerja umumnya positif dengan pembacaan terkuat selama lebih dari lima tahun. Ada keuntungan kerja yang kuat di Jerman dan Spanyol, sementara pekerjaan Perancis juga sedikit meningkat pada bulan tersebut setelah dua kontraksi berturut-turut. Nada kerja perusahaan harus membantu tingkat belanja konsumen.

Ada peningkatan yang signifikan dalam kenaikan harga masukan dalam sektor jasa, terutama disebabkan oleh peningkatan biaya staf, sementara ada perlambatan dalam laju penurunan harga output, yang akan memberikan beberapa bantuan kepada ECB.

Indeks produksi komposit Jerman naik ke 7 bulan, tapi ada kekhawatiran lebih lanjut seputar prospek Italia, sementara indeks Spanyol turun ke titik terendah 32-bulan meski tren yang menggembirakan untuk pekerjaan.

Untuk kedua sektor jasa dan manufaktur, Jerman mempertahankan posisi dominan dan akan ada kekhawatiran lebih lanjut seputar kinerja luar Jerman, yang akan meningkatkan potensi gesekan internal.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here