Pertumbuhan Sektor Jasa Tiongkok Juli Melambat

452

Pertumbuhan di sektor jasa Tiongkok didinginkan pada bulan Juli, dengan ekspansi yang lebih lemah dalam aktifitas dan pekerjaan baru mendorong baru perusahaan untuk mengurangi staf untuk pertama kalinya dalam empat bulan ketika mereka perlu untuk memotong biaya, sebuah survei swasta menunjukkan pada hari Rabu (03/08).

Temuan kontras dengan survei resmi lebih optimis pada hari Senin, meningkatkan kekhawatiran bahwa Tiongkok masih menghadapi rintangan untuk rencana untuk mengubah ekonomi menjadi lebih bergantung pada konsumsi domestik daripada industri berat dan ekspor.

Indeks Caixin / Markit layanan pembelian manajer (PMI) turun menjadi 51,7 pada bulan Juli secara musiman disesuaikan, dari puncak 11-bulan 52,7 pada bulan Juni.

china-services-pmi (6)

Sementara angka masih di atas 50 tanda ekspansi melebihi kontraksi secara bulanan, rincian dari indeks aktivitas menunjukkan momentum pertumbuhan melambat secara luas, sementara pekerjaan jatuh, meskipun pada tingkat yang sederhana.

“Semua kategori indeks menunjukkan tanda-tanda kerusakan, dengan kerja jatuh kembali ke wilayah kontraksi setelah tiga bulan berturut-turut pertumbuhan,” kata Zhengsheng Zhong, direktur analisis makroekonomi CEBM Group.

Pemotongan biaya program dan non-penggantian lulusan sukarela keduanya memberikan kontribusi untuk menurunkan angka tenaga kerja, IHS Markit yang mengutip dari responden survei mengatakan.

Beijing telah mengandalkan sektor jasa tumbuh untuk meningkatkan pelemahan karena mencoba untuk merestrukturisasi ekonomi dan memotong kelebihan kapasitas di sektor industri seperti baja dan pertambangan. Sebuah krisis yang berkepanjangan di daerah-daerah dan eksporyang lemah telah menarik pertumbuhan ekonomi ke level terendah dalam 25 tahun.

Survei manufaktur Juli Caixin ini, dengan perbandingan, lebih kuat daripada rekan resminya, meningkatkan harapan bahwa efek dari stimulus pemerintah mulai menguntungkan perusahaan-perusahaan swasta yang lebih kecil serta yang didukung negara yang lebih besar.

PMI komposit Caixin yang meliputi baik sektor manufaktur dan jasa naik ke 51,9, level tertinggi sejak 2014, yang mencerminkan peningkatan yang nyata dalam membaca manufaktur.

Survei layanan resmi menunjukkan pertumbuhan dipercepat menjadi 53,9 pada Juli dari 53,7 pada bulan Juni.

Tapi, juga, terdapat beberapa kecenderungan yang mengkhawatirkan, dengan konstruksi pertumbuhan layanan padat tetapi pendinginan dan melemahnya sektor jasa properti, menambah kekhawatiran bahwa booming perumahan China mungkin telah mencapai puncaknya.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here