Saham BSDE Masih Lemah Meski Kondisi Bisnis Lumayan

345

Pergerakan saham PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) dalam 2 hari berturut pekan ini masih terkurung dalam zona merah meskipun sentimen positif datang dari laporan kinerja keuangan perseroan sepanjang 3 bulan kedua tahun ini. BSDE melaporkan kinerja keuangannya dalam periode tersebut alami peningkatan hingga 100 persen lebih. Dan jika dilihat dari kinerja saham di periode yang sama juga alami peningkatan nilai saham hingga 20 persen dari perdagangan awal tahun.

Sepanjang kuartal kedua lalu BSDE berhasil mendapatkan laba bersih sebanyak   Rp608,53 miliar, keuntungan yang sangat besar dibandingkan dengan laba periode  sama tahun 2015 yang hanya Rp297,03 miliar. Kinerja yang lumayan ini disebabkan meningkatnya pendapatan diatas 50 persen lebih, yaitu sebesar  Rp1,77 triliun, tahun lalu kuartal kedua hanya  Rp1,1 triliun periode.

Sebagai informasi, sepanjang 6 bulan pertama tahun ini, marketing sales yang diraih BSDE hanya Rp 2,5 triliun sedangkan tahun lalu periode yang sama Rp 3,45 triliun. Namun jika dibandingkan dengan target tahun ini sebesar Rp6,86 triliun, pendapatan pra penjualan baru mencapai sekitar 37 persen. Artinya dalam enam bulan separuh target belum tercapai.

Untuk pergerakan sahamnya pada  perdagangan bursa saham  hari Selasa (2/8) saham BSDE ditutup anjlok 1%   pada  posisi  2060  dari perdagangan saham sebelumnya di posisi 2080. Volume   saham  yang diperdagangkan  hari tersebut mencapai 17,5 juta saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham BSDE  bergerak bearish dengan  indikator MA  bergerak turun  dan indikator Stochastic konsolidasi di area tengah. Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar, dan +DI  bergerak datar  menunjukan pergerakan  BSDE masih lemah. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, rekomendasi trading saham selanjutnya  pada kisaran 2010-2080.

Lens Hu/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here